Presiden Brasil Belum Putuskan soal Kedubes di Yerusalem

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 07/11/2018 07:35 WIB
Presiden Brasil Belum Putuskan soal Kedubes di Yerusalem Di tengah kritikan, presiden terpilih Brasil, Jair Bolsonaro, memastikan belum mengambil keputusan soal rencana pemindahan kedubes untuk Israel ke Yerusalem. (Reuters/Diego Vara)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah kritikan publik, presiden terpilih Brasil, Jair Bolsonaro, memastikan bahwa ia belum mengambil keputusan apa pun terkait rencana pemindahan kedutaan besar untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Rencana pemindahan ini merupakan bagian dari kampanye Bolsonaro menjelang pemilihan umum presiden pekan lalu. Namun, Bolsonaro disinyalir mulai ragu atas janji kampanyenya itu.

AFP melaporkan bahwa keraguan ini mulai terlihat ketika seorang wartawan bertanya kepada Bolsonaro mengenai alasan Mesir membatalkan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri, Aloysio Nunes.
Awalnya, Bolsonaro berdalih bahwa pembatalan itu hanya masalah penyusunan agenda dan waktu.


Namun kemudian, ia berkata, "Sangat prematur bagi satu negara mengambil langkah balas dendam atas sesuatu yang belum diputuskan."

Keputusan pemindahan kedubes ini memang membuat geram berbagai negara, terutama di kawasan Arab karena selama ini Yerusalem dianggap sebagai salah satu isu besar yang menghalangi perdamaian Israel dan Palestina.
Sejak dulu, Israel dan Palestina memperebutkan Yerusalem sebagai ibu kota negara mereka kelak. Secara internasional, jika Brasil memindahkan kedutaan besar ke Yerusalem, berarti mereka mengakui daerah itu sebagai ibu kota Israel.

Kini, Bolsonaro berdalih bahwa "Yang dapat menentukan ibu kota Israel adalah warganya sendiri, negara Israel."

Isu ini mulai menjadi perhatian ketika Presiden Donald Trump memindahkan kedutaan besar Amerika Serikat untuk Israel ke Yerusalem pada Desember lalu. Langkah ini diikuti oleh Guatemala dan Paraguay.

Selain Brasil, Australia juga tengah mempertimbangkan keputusan serupa, membuat hubungan negara kangguru dengan Indonesia kembali tegang. (has/has)