Hamas Tewaskan Pasukan Khusus Israel Dalam Bentrok di Gaza

CNN Indonesia | Senin, 12/11/2018 11:02 WIB
Hamas Tewaskan Pasukan Khusus Israel Dalam Bentrok di Gaza Serangan Israel di Jalur Gaza, Palestina pada Minggu (11/11). (MAHMUD HAMS / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasukan Brigade Izzudin Al Qassam, yang merupakan sayap militer Hamas, berhasil menewaskan seorang prajurit pasukan khusus Israel dalam pertempuran di Khan Yunis, Jalur Gaza, Palestina pada Minggu (11/11) malam waktu setempat. Sedangkan seorang serdadu Israel lainnya mengalami luka-luka.

"Terjadi kontak senjata saat pasukan khusus Israel menggelar operasi di Jalur Gaza. Dalam kejadian itu, seorang prajurit Israel meninggal dan satu orang lainnya luka," demikian pernyataan angkatan bersenjata Israel, seperti dilansir AFP, Senin (12/11).
Hamas menyatakan pertempuran terjadi setelah serdadu Israel menembaki pasukan Brigade Izzudin Al Qassam yang sedang berjaga di Khan Yunis dari dalam mobil biasa. Mereka lantas kabur kemudian dikejar oleh pasukan Hamas.

Angkatan udara Israel lantas menyerang pasukan Hamas dengan jet tempur. Hamas kemudian membalasnya dengan serangan roket ke selatan Israel.


Menurut juru bicara Hamas, Fauzi Barhum, serangan yang dilakukan Israel adalah sikap pengecut. Dalam insiden itu, Hamas kehilangan empat prajurit, salah satunya komandan Brigade Izzudin Al Qassam, Nur Baraka. Sebanyak dua warga Palestina juga meninggal dalam insiden itu.
Israel mengklaim operasi itu sudah berakhir. Namun, hal itu bisa memantik pertikaian baru di Jalur Gaza yang sudah memanas akibat unjuk rasa besar-besaran di daerah perbatasan. (ayp/ayp)