Kurang Pernyataan Saksi, Sidang Siti Aisyah Ditunda

CNN Indonesia | Selasa, 18/12/2018 19:19 WIB
Kurang Pernyataan Saksi, Sidang Siti Aisyah Ditunda Pengadilan Malaysia mengundur sidang Siti Aisyah atas permintaan pengacara yang masih mengumpulkan keterangan saksi soal pembunuhan kakak tiri Kim Jong-un itu. (AFP Photo/Mohd Rasfan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengadilan Malaysia mengundur sidang Siti Aisyah atas permintaan pengacaranya karena masih mengumpulkan keterangan saksi terkait kasus pembunuhan kakak tiri Kim Jong-un, Kim Jong-nam, yang menjerat warga negara Indonesia itu.

Hakim pengadilan mengabulkan permintaan pengacara Siti, Gooi Soon Seng, untuk tidak memaksa penyerahan salinan pernyataan tertulis dari tujuh saksi yang dibutuhkan.

Menurut Gooi, semua dokumen itu harus terkumpul terlebih dulu karena sangat penting bagi kasus ini mengingat lima saksi lainnya menghilang.
"Tanpa pernyataan polisi, hal ini tentu dapat membahayakan pertahanan klien saya, dan sama saja seperti merampas keadilan," tutur Gooi.


Siti seharusnya menjalani sidang pada Januari, setelah pengadilan meloloskan kasus dirinya dan satu tersangka lain dari Kamboja, Doan Thi Huong, ke meja hijau.

Selanjutnya, pada 21 Desember mendatang, engadilan baru akan menetapkan kasus Doan akan dilanjutkan atau menunggu sidang Siti berlangsung.
Siti dan Doan dituduh meracuni Kim Jong Nam dengan senjata kimia VX di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Februari 2017 lalu.

Menurut pengacara tersangka, Siti dan Huong tak tahu bahwa mereka meracuni Kim lantaran mengira sedang mengikuti sebuah acara usil di televisi.

Kim, yang tengah tinggal di pengasingan di Macau, merupakan salah satu anggota keluarga rezim pemimpin Korut, Kim Jong Un, yang sering mengkritik aturan dinasti keluarganya.

Korea Selatan menuding rezim Kim Jong Un sebagai dalang di balik pembunuhan ini, tuduhan yang dibantah oleh Korut. (fey/has)