Kanada Siap Tampung Pemudi Arab Saudi Minta Suaka

CNN Indonesia | Sabtu, 12/01/2019 20:55 WIB
Kanada Siap Tampung Pemudi Arab Saudi Minta Suaka Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. (REUTERS/Chris Wattie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Kanada menyatakan akan menampung perempuan pencari suaka asal Arab Saudi, Rahaf Mohammed al-Qunun (18) yang mengaku kabur karena kerap disiksa keluarganya. Mereka melakukan itu karena Qunun saat ini sudah mendapatkan status sebagai pengungsi.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (12/1), persetujuan itu disampaikan oleh Perdana Menteri Justin Trudeau. Menurut Kepala Imigrasi Thailand, Surachate Hakpam, Qunun langsung diberangkatkan ke Toronto, Kanada menggunakan pesawat maskapai Korean Airlines dan akan singgah di Seoul.

Qunun tertahan di Thailand ketika hendak mencari suaka di Australia. Dia lantas sempat mengurung diri di kamar hotel di Bandara Suvarnabhumi, Bangkok karena khawatir akan dideportasi kembali ke negara asalnya.
Qunun yang kabarnya merupakan anak pejabat di Saudi lantas menyiarkan permintaan bantuan melalui media sosial Twitter. Permintaan tolongnya disambut perwakilan Badan Urusan Pengungsi Perserikatan Bangsa-bangsa (UNHCR) di Thailand.


Qunun lantas dibawa ke tempat aman, dan pemerintah Thailand memberikan izin tinggal sementara. Paspornya yang ditahan kemudian dikembalikan.

Kabarnya pemerintah Saudi melalui perwakilan diplomatik mereka berusaha melobi pemerintah Thailand untuk memulangkan Qunun. Ayah dan saudara lelakinya pun datang ke Bangkok, tetapi Qunun enggan menemui keduanya.
Qunun saat ini menghapus akun media sosialnya karena mendapat ancaman pembunuhan. (ayp/ayp)