Turki Bakal Bawa Investigasi Khashoggi ke PBB

CNN Indonesia | Senin, 24/12/2018 22:12 WIB
Turki Bakal Bawa Investigasi Khashoggi ke PBB Jamal Khashoggi. (MOHAMMED AL-SHAIKH / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Turki dan beberapa negara lainnya akan membawa investigasi pembunuhan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hal itu disampaikan Menteri Luar Negri Turki Mevlut Cavusoglu pada Senin (24/12).

Dikutip dari Reuters, pernyataan itu mencuat kala Cavusoglu menyelenggarakan konferensi pers dengan Tunisia. Ia juga menuntut Arab Saudi untuk membuka temuannya atas Khashoggi ke komunitas internasional.

Khashoggi merupakan wartawan pengkritik Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MbS), yang tewas di dalam gedung konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober silam.



Hingga kini, pembunuhan itu masih menjadi teka-teki bagi Turki. Kepolisian belum bisa memastikan keberadaan jasad Khashoggi yang disebut dimusnahkan menggunakan cairan asam oleh tim pembunuh.

Ankara menuding pembunuhan Khashoggi didalangi oleh pejabat tinggi Saudi. Badan Pusat Intelijen Amerika Serikat (CIA) bahkan menyimpulkan bahwa MbS lah yang memerintahkan pembunuhan tersebut.


Meski sempat membantah, Saudi akhirnya mengakui bahwa Khashoggi tewas di dalam konsulatnya. Namun, kerajaan menegaskan bahwa tak terlibat dalam konspirasi pembunuhan itu.

Riyadh menyebut pembunuhan itu dilakukan oleh sejumlah pejabat di luar kewenangan mereka. Hingga kini, Saudi telah menahan 21 terduga pelaku pembunuhan Khashoggi. (glh/agi)