Kim Jong-un Mulai Perjalanan Kereta Menuju Vietnam

CNN Indonesia | Sabtu, 23/02/2019 20:35 WIB
Kim Jong-un Mulai Perjalanan Kereta Menuju Vietnam Kim Jong-un sudah memulai perjalanannya dengan kereta menuju Vietnam, di mana ia akan melakukan pertemuan dengan Presiden Donald Trump pada 27-28 Februari. (Pyeongyang Press Corps/Pool via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, dilaporkan sudah memulai perjalanannya dengan kereta menuju Vietnam, di mana ia akan melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, pada 27-28 Februari mendatang.

Kantor berita Rusia, TASS, melaporkan bahwa Kim meninggalkan ibu kota Korut, Pyongyang, pada Sabtu (23/2) sekitar pukul 17.00 waktu setempat.
Dilansir Reuters, Kim diperkirakan akan singgah di China terlebih dulu sebelum melanjutkan perjalanan ke Vietnam. Berdasarkan perkiraan badan transportasi lokal, perjalanan Kim ini membutuhkan waktu 2,5 hari.

Kim akan berhenti di Stasiun DongDang yang terletak di daerah perbatasan Vietnam. Kim lantas turun dari kereta dan dijemput dengan iring-iringan mobil yang kemudian akan mengantarnya ke Hanoi, di mana ia bakal bertemu Trump.


Tiga sumber lainnya membeberkan kepada Reuters bahwa salah satu kandidat kuat lokasi pertemuan Trump dan Kim adalah Pesanggrahan Pemerintahan Vietnam.

[Gambas:Video CNN]

Selain itu, pemerintah Vietnam juga menyiagakan Metropole Hotel yang terletak di seberang Pesanggrahan Pemerintahan sebagai lokasi cadangan pertemuan tersebut.

Seorang saksi mata Reuters juga mengaku melihat tangan kanan Kim, Kim Chang-son, berkunjung ke Pesanggrahan Pemerintahan dan sejumlah hotel, seperti Metropole dan Melia, yang berlokasi di Hanoi.

Salah satu sumber mengatakan Kim kemungkinan akan bermalam di Hotel Melia selama di Vietnam. Namun, kelima sumber Reuters itu menekankan bahwa semua rencana ini masih dapat berubah sesuai situasi. (has/has)