PM Thailand Rilis Lagu Kampanye Jelang Pemilu

CNN Indonesia | Selasa, 05/03/2019 06:22 WIB
PM Thailand Rilis Lagu Kampanye Jelang Pemilu PM Thailand Rilis Lagu Kampanye Jelang Pemilu (Reuters/Chaiwat Subprasom)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-Ocha, merilis sebuah lagu berisi janji kampanyenya melalui kanal Youtube menjelang pemilihan umum pada 24 Maret mendatang.

"Kami mencari hari baru dalam sejarah Thailand menuju jalur demokrasi," demikian kutipan lagu berjudul "New Day" yang dinyanyikan dua personel militer Thailand tersebut, seperti dikutip AFP.

"Hari yang Baru untuk Thailand telah datang sehingga kita bisa menyelesaikan kesalahan masa lalu."


Rakyat Thailand sangat terpolarisasi lima tahun setelah rezim Prayuth merebut kekuasaan dari pemerintahan pendahulunya, Yingluck Shinawatra, melalui kudeta militer pada 2014 lalu.
Sejak meraih kekuasaan, Prayuth berulang kali menahan pemilu digelar, membungkam perbedaan pendapat, hingga membuat aturan konstitusi baru yang memperluas peran militer dalam politik hingga 20 tahun ke depan.

Tindakan otoriter Prayuth itu membuat marah pendukung demokrasi Thailand.

Pemilu akhir bulan ini merupakan yang perdana bagi Thailand sejak 2011. Sedikitnya tujuh juta warga antara 18-25 tahun akan memilih untuk pertama kalinya dalam pemungutan suara nanti.

[Gambas:Youtube]

Future Forward, salah satu partai baru yang dipimpin seorang miliarder, cukup menarik perhatian sebagian pemilih di kalangan pemuda Thailand karena sikap anti-junta militernya yang keras.

Selain itu, partai tersebut juga memiliki visi dan misi utama menumpas ketidaksetaraan di Negeri Gajah Putih tersebut. (rds/has)