Partai Kim Jong-un Raih 99,9 Persen Suara dalam Pemilu

CNN Indonesia | Selasa, 12/03/2019 14:54 WIB
Partai Kim Jong-un Raih 99,9 Persen Suara dalam Pemilu Korut menggelar pemilu parlemen dengan para kandidat dari partai tunggal, yaitu Partai Buruh. Partai pimpinan Kim Jong-un itu pun meraih 99,9 persen suara. (Reuters/KCNA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Korea Utara menggelar pemilihan umum parlemen dengan para kandidat dari partai tunggal, yaitu Partai Buruh. Partai pimpinan Kim Jong-un itu pun merebut 99,9 persen suara.

Kantor berita pemerintah Korut, KCNA, melaporkan bahwa pemilu pada Selasa (12/3) ini tidak mencapai angka 100 persen karena warga yang bekerja di luar negeri tak dapat ikut serta.
"Semua pemilih berpartisipasi dalam pemilu untuk memantapkan kekuatan rakyat seperti batu. Seratus persen warga memberikan suaranya untuk perwakilan parlemen di setiap konstituen," tulis KCNA sebagaimana dikutip Reuters.

KCNA tak menjabarkan lebih lanjut daftar 687 kandidat anggota parlemen yang ikut serta dalam pemilu kali ini.


Namun, kantor berita Korea Selatan, Yonhap, melaporkan bahwa adik Kim, Kim Yo-jong, masuk dalam daftar anggota parlemen yang terpilih.
Selama ini, komunitas internasional mengecam proses pemilihan umum di Korut karena tak ada kompetisi di dalamnya.

Dengan calon dari partai tunggal, jutaan warga Korut dipaksa memilih kandidat dari Partai Pekerja dan menyatakan kesetiaan terhadap partai tersebut. (has/has)