Netanyahu Akan Lancarkan Serangan ke Jalur Gaza

AFP, CNN Indonesia | Senin, 06/05/2019 00:20 WIB
Netanyahu Akan Lancarkan Serangan ke Jalur Gaza Ilustrasi. (REUTERS/Dan Balilty)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan bahwa dirinya telah memerintahkan militer untuk melancarkan serangan lebih lanjut terhadap gerilyawan Jalur Gaza.

Dilansir dari AFP, aksi ini dilakukan sebagai tanggapan terhadap tembakan roket dari jalur tersebut.

"Saya menginstruksikan (militer) pagi ini untuk melanjutkan serangan besar-besaran pada unsur-unsur teror di Jalur Gaza dan memerintahkan untuk memperkuat pasukan di sekitar Jalur Gaza dengan pasukan tank, artileri dan infanteri," kata Netanyahu dalam rapat kabinet.


Israel mengatakan sekitar 450 roket atau mortir telah ditembakkan dari wilayah Palestina yang dijalankan oleh Hamas sejak Sabtu.
Otoritas Gaza melaporkan enam warga Palestina tewas dalam serangan Israel, termasuk setidaknya dua gerilyawan.

Tetapi, Israel membantah laporan tentang kematian seorang ibu hamil dan bayinya dan menyalahkan api Hamas yang menyimpang.

Polisi Israel dan pihak rumah sakir mengungkapkan seorang pria Israel berusia 58 tahun tewas semalam karena serangan roket di kota Ashkelon dekat perbatasan Gaza.
Netanyahu saat ini terlibat dalam negosiasi yang sulit untuk membentuk pemerintahan baru setelah kemenangannya dalam pemilihan 9 April.

Gencatan senjata yang ditengahi oleh para pejabat PBB dan Mesir antara Israel dan Hamas telah menyebabkan ketenangan di sekitar pemilihan.

Namun, minggu lalu melihat peningkatan bertahap dalam kekerasan saat Hamas mencari konsesi lebih lanjut dari Israel.

Militan Israel dan Palestina di Gaza telah berperang tiga kali sejak 2008. (age/age)