Dua Kapal Perang AS Lewati Wilayah LCS yang Diklaim China

CNN Indonesia | Senin, 06/05/2019 12:42 WIB
Dua Kapal Perang AS Lewati Wilayah LCS yang Diklaim China Ilustrasi Kepulauan Spratly. (U.S. Navy/Handout)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua kapal perang Amerika Serikat berlayar di radius 12 mil dari pulau yang diklaim China di daerah sengketa Laut China Selatan pada Senin (6/5).

Juru bicara militer AS mengatakan kepada Reuters bahwa dua kapal perusak, Preble dan Chung Hoon, berlayar di dalam 12 mil laut dari Gaven dan Johnson Reefs di Kepulauan Spratly.
"Perlintasan tak salah itu dilakukan untuk menentang klaim maritim dan larangan akses ke perairan yang diatur oleh hukum internasional," ujar Clay Doss, juru bicara Armada Ketujuh Angkatan Laut AS.

Hingga kini, belum ada tanggapan dari pemerintah China terkait pelayaran yang diklaim AS sebagai kebebasan berlayar ini.


Sejak era Barack Obama, AS rutin melakukan operasi semacam ini di Laut China Selatan untuk menentang klaim sepihak China atas 90 persen wilayah di Laut China Selatan.
Wilayah-wilayah ini yang terletak di jalur perdagangan tersibuk ini juga diklaim oleh Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam.

Pergerakan China semakin mengkhawatirkan setelah mereka dilaporkan terus melakukan militerisasi di pulau-pulau sengketa tersebut.

Namun, AS menyatakan bahwa operasi kebebasan berlayar semacam ini selalu mereka lakukan di mana pun, termasuk wilayah yang diklaim sekutu. (has/has)