35 Mayat Ditemukan Terkubur di Meksiko

Reuters, CNN Indonesia | Minggu, 12/05/2019 10:21 WIB
35 Mayat Ditemukan Terkubur di Meksiko Penemuan mayat di Meksiko menjadi tantangan baru bagi Presiden Andres Manuel Lopez Obrador. (REUTERS/Jorge Luis Plata)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyelidik di Meksiko menemukan 35 mayat terkubur di kawasan Guadalajara. Itu disampaikan jaksa penuntut negara bagian Meksiko pada Sabtu (11/5) kemarin, dikutip Reuters.

Belum diketahui telah berapa lama mayat-mayat itu dikubur di sana.

Gerardo Octavio Solis, Jaksa Agung Jalisco yang juga negara bagian Guadalajara mengatakan, 27 mayat ditemukan terkubur di sebuah properti kawasan Kota Zapopan dalam satu minggu terakhir. Hingga kini pencarian masih terus dilakukan.


"Kami menggali lebih dari tiga meter," ujar Solis dalam konferensi pers seperti dilansir Reuters, Minggu (12/5). Dari sana mereka menemukan 27 mayat.


Tujuh tengkorak manusia lainnya, kata Solis, ditemukan di tempat yang berbeda. Satu badan lainnya ditemukan di Tlajomulco, kawasan barat daya Guadalajara.

Solis menyebut penemuan mayat-mayat itu merupakan bukti yang bisa memberangus organisasi kriminal lokal. Ia melanjutkan, sejauh ini sudah ada empat tersangka yang ditangkap.

Penemuan itu pun menjadi peringatan atas masalah yang dihadapi Presiden Andres Manuel Lopez Obrador. Ketika terpilih Desember 2018, Obrador berjanji akan mengurangi tingkat kekerasan yang menyebabkan hampir 29 ribu pembunuhan di Meksiko, tahun lalu saja.

Guadalajara merupakan rumah bagi salah satu geng narkotika paling kuat di Meksiko, Kartel Generasi Baru Jalisco. Obrador mengatakan mampu mengatasi masalah itu. Namun pembunuhan dalam empat bulan pemerintahannya melebihi tingkat kasus yang tercatat setahun sebelumnya.

(chri/rsa)