Jenazah Arifin Ilham Dipulangkan Dari Malaysia Hari Ini

CNN Indonesia | Kamis, 23/05/2019 05:27 WIB
Jenazah Arifin Ilham Dipulangkan Dari Malaysia Hari Ini Mendiang Pimpinan Majelis Az-Zikra, Ustadz Muhammad Arifin Ilham. (Detikcom/Hasan Al Habshy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jenazah Pimpinan Majelis Az-Zikra, Ustadz Muhammad Arifin Ilham, saat ini masih disemayamkan di Pulau Penang, Malaysia. Jasadnya bakal dipulangkan hari ini dari Negeri Jiran menggunakan pesawat sewaan.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Pulau Penang menyatakan siap membantu pemulangan jenazah Arifin Ilham. Beliau tutup usia di Rumah Sakit Gleneagles, Pulau Penang, Malaysia pada Rabu (23/5) pukul 23.35 waktu setempat.
"Ustadz Arifin Ilham sudah berpulang ke Rahmatullah. InsyaAllah secepatnya akan dipulangkan dari Penang. Menurut rencana akan dimakamkan di Pesantren Az-Zikra Gunung Sindur, Kabupaten Bogor," ujar Konsul Jendral Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Pulau Penang, Iwanshah Wibisono melalui pesan WhatsApp, seperti dilansir Antara, Kamis (23/5).

Iwanshah mengatakan mendiang Arifin Ilham mulai dirawat kembali di Rumah Sakit Gleneahles pada 30 April lalu.


Bagian Protokol KJRI Penang, Indra Primasetya mengatakan mereka tengah mengupayakan pemulangan jenazah Arifin Ilham ke Indonesia.

"Kami belum tahu jam-nya. Kami sedang mencari pesawat. InsyaAllah besok pagi dan kemungkinan akan carter flight dan tidak menggunakan pesawat komersial," katanya.

Sedangkan menurut sahabat almarhum, Yusuf Mansur, jenazah Arifin Ilham akan diberangkatkan dari Penang sekitar pukul 10.00 dengan pesawat pribadi.

"Turun di Halim. Disalatkan di Sentul. Mungkin sekitar zuhur sudah sampai di Sentul. InsyaaAllah," kata Yusuf Mansur.
Almarhum selama dirawat di Penang ditemani ke empat istrinya dan ibunya yang menginap di Apartemen Mansion One, George Town.

Pada awal tahun ini, Arifin Ilham yang mengidap kanker getah bening melanjutkan perawatan intensif di Penang, Malaysia. Arifin diterbangkan ke Malaysia usai sebelumnya menjalani pengobatan dan perawatan di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta mengidap kanker getah bening stadium 4A. (Antara/ayp)