Ohio Porak Poranda Dihantam Tornado, Satu Orang Tewas

CNN Indonesia | Rabu, 29/05/2019 07:15 WIB
Ohio Porak Poranda Dihantam Tornado, Satu Orang Tewas Setidaknya satu orang tewas akibat tornado yang menghantam dan memorak-porandakan Ohio, Amerika Serikat, pada Selasa (28/5). (Dan Melograna/Daily Standard via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setidaknya satu orang tewas akibat tornado yang menghantam dan memorak-porandakan Ohio, Amerika Serikat, pada Selasa (28/5).

Jeffrey Hazel selaku Wali Kota Celina, Ohio, mengatakan bahwa korban yang tewas akibat tornado ini adalah seorang pria berusia 81 tahun.

Menurut Hazel, pria itu tewas karena tertimpa satu mobil yang terhempas angin tornado di depan rumahnya di daerah Celina.


Badan Cuaca Nasional Amerika Serikat melaporkan bahwa angin yang dibawa tornado ini memang masuk kategori kencang, hingga mencapai kecepatan 136-165 kilometer perjam.
Begitu kencang angin yang dibawa tornado tersebut, kepala pemadam kebakaran Ohio, Nicholas Hosford sampai-sampai melaporkan sejumlah bangunan rata dengan tanah.

"Rumah-rumah rata dengan tanah, seluruh kompleks apartemen hancur, bangunan bisnis di seluruh wilayah ambruk. Saya tasa masyarakat kami tak pernah mengalami kesengsaraan seperti ini," ujar Hosford kepada AFP.

Menurut Badan Cuaca Nasional AS, tornado ini memutus aliran listrik bagi lima juta orang di Ohio. Keadaan ini akan mempersulit pergerakan di negara bagian itu, terutama saat banjir yang diperkirakan datang dalam waktu dekat.
Namun, sebagian warga tak begitu peduli dengan banjir itu saat ini. Mereka hanya ingin selamat dari sapuan tornado.

Seorang penduduk di Kota Dayton, Kylie Post, misalnya, hanya bisa berharap dapat berlindung di rumahnya yang tidak memiliki ruang bawah tanah.

Ketika mendengar sirene tanda tornado menggema, Post hanya bisa membawa putranya masuk ke dalam bak mandi dan menutupi diri dengan kasur.

"Hal pertama yang saya dengar adalah sirene peringatan. Kemudian, saya dengar suara seperti kereta. Saya pikir saya akan tersapu," kata Post.

Setelah menghantam Ohio, tornado itu diperkirakan akan bergerak menyapu setidaknya tujuh negara bagian lainnya di AS. (has/has)