KILAS INTERNASIONAL

Duka Dunia untuk Habibie hingga Kemelut Kabut RI di Malaysia

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 06:33 WIB
Duka Dunia untuk Habibie hingga Kemelut Kabut RI di Malaysia Anwar Ibrahim selaku pemimpin partai terbesar dalam partai penguasa Malaysia, PKR, mengutarakan dukacita atas kepergian BJ Habibie. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Duka tokoh internasional atas kepergian presiden ke-3 Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie, hingga kisruh kabut asap akibat karhutla di Kalimantan dan Sumatera yang sudah mengepung Malaysia meramaikan kabar dunia pada Rabu (11/9).

1. Tokoh Malaysia Ucapkan Belasungkawa atas Kepergian Habibie

Duka atas kepergian BJ Habibie pada Rabu (11/9) tak hanya menyelimuti Indonesia, tapi juga Malaysia. Tak lama setelah berita tersiar, Perdana Menteri Mahathir Mohamad, langsung menyampaikan ucapan belasungkawa.


"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Takziah kepada keluarga serta seluruh warga Indonesia di atas pulangnya ke rahmatullah Bapak BJ Habibie. Sesungguhnya kepergiannya satu kehilangan besar. Semoga Allah mencucuri rahmat ke atas Rohnya. Al Fatihah," kata Mahathir melalui Twitter.



Selain Mahathir, Anwar Ibrahim selaku pemimpin partai terbesar dalam partai penguasa Malaysia, Parti Keadilan Rakyat (PKR), juga mengutarakan dukacitanya. Melalui pernyataannya di jejaring sosial, Anwar menyebut Habibie bak keluarganya sendiri.

"BJ Habibie seorang individu yang saya anggap sebagai keluarga dan (beliau) sangat prihatin tentang derita yang saya lalui semasa saya selesai operasi, bebas dari penjara," kata Anwar.

[Gambas:Instagram]

Anwar memang dikenal menjalin hubungan erat dengan Habibie. Tokoh reformasi Malaysia itu mengaku belajar banyak dari Habibie sebagai orang yang memimpin Indonesia di masa transisi dari Orde Baru menuju Reformasi.

2. Bendera Setengah Tiang bagi Habibie dari Kedutaan RI Dunia

Tak hanya di dalam negeri, warga Indonesia di luar juga berduka atas kepergian BJ Habibie. Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, pun menginstruksikan pengibaran bendera setengah tiang di semua kantor perwakilan di luar negeri sesuai perintah istana.

"Untuk perwakilan kita di luar negeri kita akan mengibarkan bendera setengah tiang, dan kita akan membuka buku duka cita untuk tiga hari kerja. Semua perwakilan RI di luar negeri," kata Retno.
Retno mengonfirmasi perintah tersebut setelah melayat ke rumah duka Habibie di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Habibie mengembuskan napas terakhirnya di RSPAD Gatot Subroto pada Rabu pukul 18.05 WIB setelah menjalani perawatan intensif selama beberapa hari. Jasadnya akan dikebumikan di samping makam istrinya, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie.

3. Malaysia Tawarkan Bantuan Tangani Karhutla di Indonesia

Kabar internasional juga masih diramaikan dengan kabut asap akibat karhutla di Indonesia yang mulai menyebar ke Malaysia. Negeri Jiran pun langsung menawarkan bantuan untuk menanggulangi karhutla di Kalimantan dan Sumatera.

"Malaysia akan terus berupaya membuat hujan buatan jika situasi memungkinkan dan mengirimkan bantuan bagi Indonesia bila mereka mau menerima," ujar Menteri Energi, Teknologi, Lingkungan Hidup, dan Perubahan Iklim Malaysia (Mestecc), Yeo Bee Yin.

[Gambas:Video CNN]

Dalam kesempatan tersebut, Yeo juga mengatakan bahwa ia dan sejumlah menteri lainnya sudah menegaskan kembali keprihatinan atas dampak kabut asap akibat karhutla Indonesia yang turut mencemari udara mereka.

Sebelumnya, Malaysia juga dilaporkan bakal mengirimkan nota protes atas kabut asap ini. Namun, Menlu RI, Retno Marsudi, mengaku belum menerima nota tersebut. (has/has)