Akui China, Kiribati Putus Hubungan dengan Taiwan

CNN Indonesia | Jumat, 20/09/2019 15:28 WIB
Akui China, Kiribati Putus Hubungan dengan Taiwan Ilustrasi bendera China berkibar. (AFP PHOTO / STR)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Taiwan putus hubungan diplomatik dengan Kiribati setelah negara kecil di Pasifik itu mengalihkan pengakuan ke China.

Pemutusan hubungan ini merupakan pembelotan kedua ke Beijing oleh salah satu sekutu Taipei dalam sepekan ini.

"Kiribati hari ini secara resmi memberi tahu kami bahwa memutuskan hubungan diplomatik dengan negara kami," kata Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu, Jumat (20/9). "Hari ini kami juga mengumumkan bahwa kami memutuskan hubungan dengan Kiribati," ujarnya dikutip AFP.



Wu mengaku sangat menyesalkan keputusan Kiribati ini. Menyusul pemutusan hubungan ini, kata dia, maka semua kerjasama bilateral dan proyek-proyek bantuan akan segera dihentikan. Para diplomat Taiwan akan ditarik dari Kiribati, begitu juga sebaliknya.

Kiribati menjadi negara ketujuh yang beralih pengakuan ke Tiongkok sejak Presiden Tsai Ing-wen menjabat pada 2016, mengikuti Burkina Faso, Republik Dominika, Sao Tome dan Principe, Panama, El Salvador dan Kepulauan Solomon.

[Gambas:Video CNN]

Dengan pemutusan hubungan itu, maka kini hanya 15 negara yang memiliki hubungan diplomatik dan mengakui kedaulatan Taiwan. Sebagian besar dari mereka adalah negara-negara kecil dan kurang berkembang di Amerika Tengah dan Pasifik.

Dilansir Reuters, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang mengaku sangat menghargai keputusan Kiribati untuk menjalin kembali hubungan dengan Beijing.


Pemutusan hubungan ini dibuat empat hari setelah keputusan serupa dibuat oleh Kepulauan Solomon. Pemerintah Kepulauan Solomon secara resmi memutus hubungan diplomatik dengan Taiwan dan mengalihkan ke China pada Senin kemarin.

Ada motif ekonomi di balik keputusan Kepulauan Solomon memutus hubungan dengan Taiwan. China telah menawarkan 8,5 juta dolar dana pembangunan kepada Kepulauan Solomon sebelum keputusan itu dibuat.

Beijing mengatakan Kepulauan Solomon bakal memiliki peluang untuk berkembang lebih pesat setelah memutuskan hubungan dengan Taiwan.


Taiwan mendeklarasikan diri menjadi negara berdaulat sejak berakhirnya perang saudara pada 1949. Akan tetapi China masih memandang Taiwan sebagai wilayahnya dan telah bersumpah untuk merebut

Tiongkok menegaskan bahwa Taiwan tidak memiliki hak untuk memiliki ikatan formal dengan negara mana pun. (dea)