Kim Jong-un Tunggang Kuda Putih dan Spekulasi Serangan Korut

CNN Indonesia | Rabu, 16/10/2019 14:57 WIB
Kim Jong-un Tunggang Kuda Putih dan Spekulasi Serangan Korut Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un diyakini bakal membuat langkah besar dalam waktu dekat.

Hal itu terungkap lewat foto-foto terbaru Kim menunggang kuda putih di puncak Gunung Paektu, tempat suci bagi Korea Utara.

Gambar yang dirilis kantor berita KCNA itu memperlihatkan Kim menaiki kuda dengan latar pegunungan bersalju. Dengan jaket musim dingin, Kim seorang diri menyusuri gunung dan melewati pepohonan.



Dalam keterangan foto, KCNA menulis perjalanan Kim menunggang kuda sebagai sebuah momen penting bagi Korut.

Dikutip AFP, para pejabat meyakini akan ada operasi besar untuk menyerang dunia dengan membuat langkah maju dalam revolusi Korea.

Para analis menduga simbol tersebut menandakan arah kebijakan baru untuk Korut terkait senjata nuklir.

[Gambas:Video CNN]

"Di masa lalu, Kim telah mendaki Gunung Paektu menjelang keputusan politik utama," kata Shin Beom-chul, seorang analis di Asan Institute of Policy Studies.

Kim mendaki ke puncak gunung itu pada Desember 2017 sebelum memutuskan melakukan pertemuan pertama dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump membahas pelucutan senjata nuklir Korea Utara.


Namun, negosiasi terakhir di Vietnam pada Februari lalu tidak menghasilkan kesepakatan apapun. Dan setelah itu Korea Utara kembali meningkatkan ketegangan melalui serangkaian uji coba rudal.

Korea Utara dijatuhi serangkaian sanksi PBB terkait program nuklir dan misil.

Pyongyang dan Washington memulai kembali pembicaraan nuklir bulan ini di Swedia. Akan tetapi, lagi-lagi gagal menemui kata sepakat. Bahkan usai pertemuan itu, Korea Utara menyatakan tidak akan melanjutkan perundingan nuklir dengan AS kecuali mereka mengambil langkah untuk mengakhiri permusuhan.


Baru-baru ini Korea Utara mengklaim berhasil melakukan uji coba rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam. Korut menyebut uji coba itu mampu menggerakkan fase baru dalam upaya menahan ancaman serta memperkuat pertahanan. (dea)