Bahas Situasi Suriah, Trump dan Ketua DPR AS Saling Serang

CNN Indonesia | Jumat, 18/10/2019 13:44 WIB
Bahas Situasi Suriah, Trump dan Ketua DPR AS Saling Serang Presiden AS, Donald Trumo. (Jim WATSON / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump terlibat pertengkaran dengan Ketua DPR Nancy Pelosi. Pertengkaran itu terjadi saat pertemuan yang membahas situasi Suriah di Gedung Putih, Rabu (16/10) waktu setempat.

Dikutip dari AFP, Pelosi meninggalkan Gedung Putih setelah Trump menyerang dengan menyebutnya politisi kelas tiga.

Rapat tersebut merupakan pertemuan pertama antara Trump dan Pelosi sejak wanita itu secara resmi mengumumkan penyelidikan pemakzulan pada bulan lalu.



Ketua Senat Minoritas Demokrat Chuck Schumer, mengatakan Trump melontarkan kecaman yang tidak pantas.

Percekcokan ini memperparah hubungan antara Trump dan Pelosi yang memburuk sejak DPR meluncurkan penyelidikan pemakzulan.

"Dia menghina, terutama kepada Ketua. Dia menyebutnya politisi kelas tiga," kata Schumer setelah keluar dari lokasi pertemuan, dikutip AFP.

[Gambas:Video CNN]

Menurut Pelosi, Trump terlihat sangat terguncang oleh suara bipartisan yang mengecam keputusannya menarik pasukan dari Suriah.

Langkah Trump tersebut dianggap telah memberi Turki lampu hijau untuk menyerang milisi Kurdi di utara Suriah.

Politisi Demokrat lainnya, Steny Hoyer, mengatakan pihaknya sangat tersinggung oleh perlakuan Trump terhadap Pelosi. Kata dia, Trump telah berulang kali menghina Pelosi di Twitter sejak penyelidikan pemakzulan dimulai.


Namun juru bicara Trump Stephanie Grisham membantah semuanya. Dia mengklaim apa yang dikatakan Trump sudah dipertimbangkan, dan keluarnya Pelosi dari pertemuan juga bukan hal mengejutkan.

Tak hanya dalam pertemuan, 'perang' antara Trump dan Pelosi juga terjadi di media sosial. Trump mengunggah foto pertemuan tersebut di akun Twitternya.

Gambar itu menunjukkan Pelosi berdiri dengan jari menunjuk ke arah Trump yang sedang duduk bersama yang lainnya di ruangan itu. "Kekecewaan Nancy yang belum terlampiaskan," kata Trump dalam tweet.


Namun, Pelosi malah menjadikan foto itu sebagai sampul akun. Perubahan sampul foto itu pun mendapat respons dari Wakil Kepala Staf Pelosi Drew Hammill.

"Terima kasih untuk foto sampul baru @realDonaldTrump !," kata Drew Hammill. (dea)