Raja Salman Copot Menlu Saudi yang Belum Setahun Menjabat

CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 07:28 WIB
Raja Salman Copot Menlu Saudi yang Belum Setahun Menjabat Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, memecat Ibrahim al-Assaf yang belum genap setahun menjabat sebagai menteri luar negeri. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, mencopot Ibrahim al-Assaf yang belum genap setahun menjabat sebagai menteri luar negeri.

Keputusan ini termaktub dalam dekrit raja pada Rabu (23/10) yang berisi keputusan Salman untuk mengisi posisi menteri luar negeri dengan Faisal bin Farhan Al-Saud.

Dekrit yang dikutip Badan Pers Saudi (SPA) tersebut tak menjabarkan lebih lanjut alasan penggantian menlu ini. Namun pada 2017 lalu, aparat sempat menahan Assaf dalam satu operasi anti-korupsi.
Assaf sendiri baru dilantik menjadi menlu pada Desember 2018 lalu untuk menggantikan Adel al-Jubeir di tengah kisruh mengenai pembunuhan wartawan pengkritik Saudi, Jamal Khashoggi.


Sebagai pengganti Assaf, Saud pun mewarisi tugas untuk menangani dampak pembunuhan Khashoggi yang disebut-sebut berbagai pihak sebagai upaya Saudi membungkam pengkritik.

Pembunuhan yang dilakukan di gedung Konsulat Jenderal Saudi di Istanbul ini pun dianggap sebagai krisis diplomatik terbesar bagi Riyadh setelah tragedi 11 September.

[Gambas:Video CNN]
Tak hanya itu, kini Saudi juga sedang menyusun langkah untuk menghadapi ketegangan dengan Iran. Relasi kedua negara kembali memanas setelah Houthi, kelompok pemberontak di Yaman yang didukung Iran, menyerang kilang minyak terbesar di Saudi.

Iran sendiri terus membantah tudingan bahwa mereka merupakan dalang di balik serangan tersebut. Namun, Amerika Serikat mengklaim punya bukti bahwa serangan rudal tersebut tidak diluncurkan dari Yaman. (has/has)