KILAS INTERNASIONAL

Jembatan Singapura Roboh hingga Direktur Museum Undur Diri

AP, CNN Indonesia | Rabu, 04/12/2019 06:38 WIB
Jembatan Singapura Roboh hingga Direktur Museum Undur Diri Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/M. Andika Putra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jembatan hasil rancangan seorang insinyur Indonesia di Singapura roboh hingga Direktur museum seni Kirgistan, Mira Djangaracheva yang mengundurkan diri usai menggelar pameran seni feminisme meramaikan berita internasional, Selasa (3/12).

Jembatan Singapura Roboh, Insinyur RI Dibui 1 Tahun 9 Bulan

Singapura menjatuhi vonies kepada insinyur asal Indonesia, Robert Arianto Tjandra hukuman 86 minggu atau sekitar 1 tahun sembilan bulan bui dan denda sebesar 10.000 dolar Singapura atas insiden jembatan roboh di atas jalan tol Pan-Island Expressway (PIE) pada 2017 lalu.


Robert dinyatakan bertanggung jawab atas insiden yang menewaskan 1 orang pekerja itu karena tak melaporkan cacat desain dan retakan pada jembatan yang saat itu masih dalam proses pembangunan.

"Desain struktur bangunan adalah salah satu pilar industri konstruksi. Publik sangat bergantung pada perhatian dan kinerja orang-orang ini untuk memastikan keselamatan struktural infrastruktur publik," kata tim jaksa pada Senin (2/12) dikutip dari Straits Times.

Robert dijatuhi hukuman pada awal pekan ini setelah mengaku bersalah terhadap tiga tuduhan yang dilayangkan padanya. Ia didakwa atas kelalaian yang membahayakan keselamatan orang lain di tempat kerja.

Robert juga didakwa karena gagal mengambil langkah antisipasi dan melakukan uji coba untuk memastikan pekerjaan proyek itu sesuai dengan prosedur. Ia juga didakwa karena mengesahkan pekerja pembangunan tanpa persetujuan atasan.

Prancis Kesal AS Paksa Anggota NATO untuk Beli Jet F-35

Prancis melalui Menteri Pertahanan Florence Parly mengkritik upaya Amerika Serikat yang memaksa negara anggota NATO membeli jet tempur F-35 paling canggih buatan industri pertahanan AS, Lockheed Martin.

Merujuk pada pasal 5 piagam NATO, Parly memaparkan  sesama negara anggota pakta pertahanan itu seharusnya saling membantu dan membela, bukan memaksa untuk membeli produk militer demi keuntungan AS sendiri.

Saat ini, sejumlah mitra AS di NATO seperti Italia, Norwegia, Belanda, dan Inggris memang sudah membeli F-35. Washington juga tengah mempertimbangkan untuk menjual jet tercanggihnya itu kepada Yunani, Rumania, Spanyol, dan Polandia.

Sementara itu, Turki sempat berencana mengakuisisi jet tersebut, namun gagal setelah berkeras membeli sistem rudal Rusia, S-400. Langkah itu membuat geram AS hingga memicu Trump mengeluarkan Turki dari daftar pembeli F-35.

[Gambas:Video CNN]

Trump Marah Sidang Pemakzulan Digelar Saat KTT NATO

Presiden Amerika Serikat Donald Trump geram lantaran sidang penyelidikan pemakzulan dilakukan ketika ia harus menghadiri KTT NATO di Inggris pekan ini.

Trump juga menolak hadir untuk bersaksi dalam sidang yang dianggapnya tipuan dan hoaks. Ia menganggap Partai Demokrat sebagai aib karena yang pertama mengajukan proses penyelidikan pemakzulan dibuka.

"Demokrat, Demokrat radikal-kiri, Demokrat yang tidak melakukan apa-apa, memutuskan kapan saya akan ke NATO-padahal itu sudah dijadwalkan dari setahun lalu-bahwa ketika saya pergi ke KTT NATO, itu adalah waktu yang tepat untuk persidangan," kata Trump dengan nada tinggi saat meninggalkan Gedung Putih pada Senin (2/12).

"Benar-benar memalukan apa yang mereka (Demokrat) lakukan terhadap negara kita. Semuanya bohong. Semua orang tahu itu (bohong)," ujarnya.

Direktur Museum Mundur Usai Pameran Seni Perempuan Telanjang

Direktur museum seni Kirgistan, Mira Djangaracheva mengundurkan diri usai menggelar pameran seni feminisme. Pameran bertajuk kebebasan ekonomi perempuan itu dikecam karena menampilkan wanita telanjang.

Dia mengaku mundur secara sukarela menyusul reaksi negatif dari kaum konservatif. Selain itu, kata dia, para stafnya juga mendapat ancaman.

"Sayang sekali ini diprakarsai oleh orang-orang yang belum pernah ke museum," kata dia lewat akun Facebook, Senin (2/12) seperti dikutip dari AFP.

Pameran tersebut menampilkan tubuh perempuan dalam karung tinju. Seniman Denmark Julie Savery turut memerankan perempuan telanjang untuk menyoroti kondisi buruk para pekerja seks. (evn/evn)