Pangkalan AU Israel Banjir, Jet Tempur F-16 Terendam

CNN Indonesia | Jumat, 17/01/2020 09:12 WIB
Pangkalan AU Israel Banjir, Jet Tempur F-16 Terendam Pangkalan AU Israel diterjang banjir hingga merendam delapan jet tempur F-16s. (Ilustrasi/Stocktrek Images/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pangkalan Angkatan Udara Hatzor milik Israel dilaporkan diterjang banjir pada pekan lalu. Akibatnya adalah sejumlah jet tempur F-16s yang diparkir di ruang bawah tanah terendam air.

Seperti dikutip dari The Times of Israel, Kamis (16/1), banjir itu terjadi akibat hujan deras yang terjad di wilayah itu. Dampaknya adalah pangkalan tersebut tidak mampu menampung 50 juta liter air, hingga akhirnya meluber ke hangar.

Mereka sebenarnya sudah memperkirakan bakal turun hujan deras, dan sudah memindahkan sejumlah pesawat ke lokasi yang lebih aman. Namun, delapan jet tempur F-16 yang disimpan di ruang bawah tanah terendam air setinggi 1,5 meter.


Tiga pesawat dilaporkan rusak berat, sedangkan lima lainnya mengalami kerusakan ringan.



Biaya perbaikannya diperkirakan akan menelan biaya jutaan dollar. Akan tetapi, perwira senior AU Israel menjamin sejumlah pesawat itu akan kembali beroperasi dalam waktu dekat.

Komandan AU Israel, Amikam Norkin, mendesak untuk dilakukan penyelidikan kenapa jet-jet tempur itu tidak sempat dipindahkan dan terendam. (ayp)