Dampak Virus Corona, 14 Negara Evakuasi Warga dari Wuhan

CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 13:08 WIB
Dampak Virus Corona, 14 Negara Evakuasi Warga dari Wuhan Pemeriksaan penumpang asal China di Bandara Soekarno-Hatta untu cegah penyebarang virus corona. (CNN Indonesia/Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ribuan warga asing dari berbagai belahan dunia termasuk di antara jutaan orang terjebak di Kota Wuhan, ibu kota Provinsi Hubei, yang diisolasi pemerintah China demi mencegah penyebaran virus corona.

Selain mengeluarkan larangan dan imbauan perjalanan ke China, banyak negara yang berencana bahkan sudah mengevakuasi warganya dari Wuhan meski kota itu masih diisolasi.

- Asia Pasifik -


Jepang


Pihak berwenang Jepang menuturkan setidaknya ada total 650 warga Jepang di Wuhan yang meminta dipulangkan ke kampung halaman karena khawatir terapar virus corona.

Pemerintah Jepang sejauh ini dikabarkan baru memulangkan 206 warga. Mereka dilaporkan mendarat di Bandara Tokyo menggunakan pesawat yang disewa pemerintah Jepang sekitar pukul 08.45 waktu lokal pada Rabu (29/1).


Setibanya di Tokyo, ratusan warga Jepang itu menghadapi sejumlah pemeriksaan medis. Sejauh ini, pihak berwenang Jepang belum berencana menempatkan ratusan warga Jepang dari Wuhan ini untuk tempat karantina.

Australia

Kementerian Luar Negeri Australia dikabarkan tengah mengupayakan memulangkan seluruh warganya yang ada di China, terutama Wuhan.

Pejabat Kemlu Australia menuturkan sejauh ini pihaknya telah menerima 400 permintaan dari warga Australia yang ingin mendaftar untuk dievakuasi dari China.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan meski Australia tidak memiliki kantor perwakilan di Wuhan, pihaknya masih bernegosiasi dengan pihak berwenang China untuk merencanakan proses evakuasi.

[Gambas:Video CNN]

Morrison mengatakan tengah berdiskusi dengan Amerika Serikat dan Inggris terkait rencana evakuasi. Ia juga menuturkan Australia tengah bekerja sama dengan Selandia Baru untuk merencanakan kemungkinan evakuasi bersama warga-warganya.

India

Media lokal melaporkan pemerintah India sudah mempersiapkan sebuah pesawat Boeing 747 di Mumbai untuk mengevakuasi warga dari Wuhan. Pemerintahan PM Narendra Modi juga dikabarkan tengah meminta izin otoritas China untuk mengangkut lebih dari 250 warganya dari Wuhan.

Indonesia

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memaparkan pemerintah tengah membuka opsi untuk mengevakuasi WNI dari Wuhan.

Namun, proses itu belum diputuskan karena tidak mudah memulangkan ratusan warga Indonesia dari kota yang menjadi sumber penyebaran virus corona dan tengah diisolasi itu.


Berdasarkan data Kemlu RI, saat ini terdapat 100 WNI di Wuhan. Mereka terdiri dari 84 mahasiswa dan 16 tamu mahasiswa dari tempat lain. Sementara di Provinsi Hubei, secara keseluruhan ada 243 WNI.

Filipina

Dilansir AFP, Kementerian Luar Negeri Filipina mengatakan pemerintah tengah merundingkan kemungkinan rencana mengevakuasi setidaknya 150 warganya dari Wuhan dan 150 lainnya di beberapa wilayah di Hubei.

Sri Lanka

Colombo memaparkan tengah merencanakan pemulangan 860 pelajar Sri Lanka dari China, 32 di antaranya berada di Wuhan.

Korea Selatan

Seoul berencana mengirimkan sejumlah pesawat sewaan ke Wuhan pada pekan ini untuk memulangkan ratusan warga Korsel yang terjebak di kota itu.

Thailand

Perdana Menteri Prayut Chan-O-Cha mengatakan negaranya tengah menunggu otorisasi dari pejabat China untuk memulangkan sekitar 64 warganya yang terdiri dari 49 pelajar dan 15 turis serta pekerja.

- Amerika Utara -

Amerika Serikat

Kemlu AS menuturkan telah menyewa sebuah pesawat sewaan yang akan diterbangkan ke Wuhan pada hari ini, Rabu (29/1).

- Eropa -

Prancis

Sebanyak 500-1.000 warga Prancis dikabarkan bisa dievakuasi dari Wuhan.

Menteri Kesehatan Agnes Buzyn menuturkan sebuah pesawat akan dikirimkan ke Wuhan pada lusa. Pesawat lainnya akan menyusul untuk menjemput sisa warga Prancis yang masih di Wuhan.

Selain warga Prancis, ratusan warga dari beberapa negara Uni Eropa lainnya juga bisa ikut dievakuasi.
Virus Corona 14 Negara Ingin Evakuasi Warga dari WuhaFoto: CNN Indonesia/Fajrian

Komisi Eropa menuturkan hanya warga negara Eropa yang "sehat dan tidak tertular gejala" yang akan diizinkan menaiki pesawat-pesawat evakuasi itu.

Jerman

Meski belum memutuskan, Berlin menyatakan tengah mempertimbangkan rencana evakuasi sedikitnya 90 orang warganya di Wuhan.

Spanyol

Pejabat Kemlu Spanyol menuturkan tengah bekerja sama dengan China dan Uni Eropa untuk mengeluarkan warga-warganya yang terjebak di Wuhan.

- Afrika -

Algeria

Presiden Abdelmadjid Tebboune telah meminta pemerintah untuk mengambil seluruh langkah yang diperlukan untuk memulangkan 36 warganya yang sebagian besar adalah pejalar dari Wuhan.

Maroko

Media lokal memaparkan sekitar 100 orang yang sebagian besar pelajar di Wuhan akan dievakuasi dalam waktu dekat. (rds/dea)