Dievakuasi dari Wuhan, 3 Warga Jepang Positif Virus Corona

CNN Indonesia | Kamis, 30/01/2020 08:58 WIB
Dievakuasi dari Wuhan, 3 Warga Jepang Positif Virus Corona Virus corona di China (Chinatopix via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga warga Jepang yang berhasil dievakuasi dari Wuhan, China, dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato mengatakan tiga orang itu menjalani pemeriksaan begitu turun dari pesawat. Dengan demikian hingga kini total ada 11 warga Jepang yang terinfeksi virus mematikan yang bersumber dari Wuhan itu.

"Selain delapan kasus, ada juga dari warga yang kembali dari Wuhan kemarin, infeksi (dengan virus corona baru) telah dikonfirmasi pada satu orang dengan gejala dan dua lainnya tanpa gejala," kata Katsunobu Kato di parlemen seperti dikutip dari AFP, Kamis (30/1).

Pesawat pertama yang mengangkut 200 warga dari Wuhan itu tiba di Jepang pada hari Rabu (29/1). Mereka dievakuasi untuk menekan kekhawatiran terhadap virus yang menginfeksi saluran pernapasan akut seperti pneumonia itu.


Perdana Menteri Shinzo Abe memastikan tiga pasien itu dirawat di fasilitas medis khusus.

[Gambas:Video CNN]

Hingga Kamis, korban meninggal akibat virus corona di China telah mencapai 170 orang dengan 38 kematian baru dan lebih dari 1.700 kasus yang dikonfirmasi.

Sebelumnya pemerintah Jepang mengonfirmasi dua warga terinfeksi virus corona meski tidak melakukan perjalanan ke China, satu wanita, dan satu pria.


Korban pria merupakan seorang sopir rombongan wisatawan asal Wuhan.

Sopir itu mengaku kepada pihak berwenang bahwa dia membawa dua kelompok wisatawan asal Wuhan pada awal Januari lalu. Tidak lama setelah itu dia mengalami gejala infeksi virus corona.


Sementara korban wanita merupakan pemandu wisata yang berada di bus yang sama dengan sopir tersebut. "Kasus kedelapan ini jadi insiden pertama dugaan penularan virus corona dari manusia ke manusia di Jepang," kata Kato. (dea)