Polisi Malaysia Gagalkan Penyelundupan Masker dari Indonesia

CNN Indonesia | Jumat, 07/02/2020 05:05 WIB
Polisi Air Malaysia menggagalkan penyelundupan masker dari Indonesia senilai Rp15 juta. Polisi Air Malaysia menggagalkan penyelundupan masker dari Indonesia senilai Rp15 juta. (Ilustrasi/CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polisi Air Malaysia menggagalkan penyelundupan masker dari Indonesia ke Tawau, Sabah melalui jalur laut. Menurut Komandan Polisi Air Sabah, Asisten Komandan Mohamad Pajeri, nilai masker yang diselundupkan mencapai 4,800 Ringgit (sekitar Rp15 juta).

Seperti dilansir The Star, Kamis (6/2), Pajeri mengatakan aksi penyelundupan itu terbongkar setelah tim patroli mencegat sebuah kapal penumpang di Sungai Haji Kuning, Tawau pada Rabu kemarin pukul 02.30 waktu setempat, dalam kegiatan yang dinamai Operasi Gelora.

Pajeri mengatakan kapten kapal itu adalah warga Indonesia berusia 40 tahun. Ketika digeledah, aparat Malaysia menemukan tumpukan kardus berisi masker.


Ketika sang kapten diinterogasi, dia mengatakan barang-barang tersebut milik warga Malaysia. Namun, dia tidak bisa menunjukkan dokumen izin memasukkan barang.

[Gambas:Video CNN]
Polisi Malaysia lantas menahan sang kapten kapal setelah diinterogasi. Dia dijerat dengan undang-undang bea cukai 1967 Malaysia.

Sejumlah toko obat di Sabah saat ini kehabisan persediaan masker akibat tingginya permintaan warga yang ingin melindungi diri dari wabah virus corona.

Komisi Kesehatan China melaporkan hingga Kamis (6/2) kasus penyebaran virus corona tercatat 28.018 di seluruh dunia. Kematian akibat virus corona di China secara total mencapai 562 dan di seluruh dunia tercatat 564. (ayp/ayp)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK