Kasus Virus Corona di Korsel Bertambah Menjadi 2.022

CNN Indonesia | Jumat, 28/02/2020 18:21 WIB
Penambahan kasus infeksi virus corona di Korea Selatan masih terjadi di Kota Daegu dan wilayah sekitarnya. Penambahan kasus infeksi virus corona di Korea Selatan masih terjadi di Kota Daegu dan wilayah sekitarnya. (Kim Hyun-tae/Yonhap via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Korea Selatan melaporkan 256 kasus virus corona (covid-19) baru per hari ini, Jumat (28/2).

Penambahan  ini membuat jumlah kasus virus corona di Korsel menjadi 2.022 kasus.


Dikutip dari CNN, rincian kasus baru tersebut terjadi di Daegu sebanyak 182 kasus. Sebanyak 49 orang lainnya berasal dari Provinsi Gyeongsang Utara, yang berada dekat dengan Daegu.


Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea sampai saat ini jumlah kematian karena virus corona masih tetap 13 orang.

Korea Selatan merupakan negara dengan kasus corona paling banyak di luar China. Hal ini menyebabkan sejumlah aktivitas sempat terganggu.

[Gambas:Video CNN]

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul menyatakan akan menutup sementara kantor dan seluruh kegiatan untuk sementara mulai hari ini sampai batas waktu yang belum ditentukan. Ini karena ada temuan kasus positif corona terbaru di Yeouido, Seoul pada Kamis kemarin.

Pasien corona yang dalam kondisi serius di Daegu dan Gyeongsang Utara juga bakal dipindahkan ke Seoul untuk perawatan lebih lanjut.

Penyebaran virus corona di Korea Selatan berasal dari Gereja Shincheonji di Daegu. Pemerintah setempat menyatakan bakal melakukan uji medis terhadap 200 ribu jemaat menyusul penyebaran itu.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Korsel, Kim Gang-lip, mengatakan telah mengirim sekitar 205 dokter dan perawat ke Daegu untuk menangani virus corona.

Korban meninggal akibat virus corona di seluruh dunia per hari ini naik menjadi 2.8588 orang. Sebagian besar masih berasal dari warga China, khususnya di Wuhan, Hubei. (fey/ayp)