KILAS INTERNASIONAL

Rekor Kematian Corona Italia hingga Malaysia Lockdown 14 Hari

CNN Indonesia
Selasa, 17 Mar 2020 06:20 WIB
Italia mencatat rekor kematian tertinggi akibat Covid-19 hingga Malaysia yang menetapkan lockdown selama 14 hari mengisi kilas internasional, Senin (16/3) Italia mencatat rekor kematian tertinggi harian akibat virus corona yakni 368 orang. (Foto: AP Photo/Francisco Seco)
Jakarta, CNN Indonesia -- Italia mencatat rekor kematian harian akibat Covid-19 yakni 368 orang hingga Malaysia yang menetapkan lockdown hingga akhir Maret untuk menekan penyebaran virus corona mengisi kilas internasional, Senin (16/3).

Italia Catat Rekor Satu Hari 368 Orang Tewas Akibat Corona

Italia merilis data jumlah korban meninggal akibat virus corona yakni 368 orang. Data ini merupakan rekor dalam satu hari kasus kematian akibat pandemi Covid-19. 

Total virus corona sudah membunuh 1.809 orang di Italia sampai hari ini. Angka itu menjadikan Italia sebagai negara tertinggi kedua kasus kematian akibat virus corona selain China, dilansir dari AFP, Senin (16/3).


Jumlah infeksi di Italia sendiri telah mencapai 24.747. Wilayah Lombardy utara di sekitar Milan tetap menjadi pusat pandemi Eropa, dan dilaporkan terdapat 1.218 kematian atau 67 persen dari total kasus di Italia.

Sedangkan di wilayah Puglia tenggara sekitar kota Bari jumlah kematian dilaporkan naik dua kali lipat dari delapan menjadi 16 orang.

Wilayah Lazio yang mencakup ibu kota Italia Roma juga secara resmi mencatat 16 kematian secara keseluruhan dari 436 kasus. Jumlah ini naik dari 13 kasus pada hari Sabtu kemarin.

AS Mulai Uji Coba Vaksin Corona

Amerika Serikat mulai menguji coba klinis vaksin virus corona pada Senin (16/3) kepada kalangan terbatas. Uji coba rencananya akan dilakukan di Kaiser Permanente Washington Health Research Institute di Seattle.

National Institute of Health (NIH) sebagai pihak yang mendanai uji coba mengatakan pengujian akan dilakukan dengan melibatkan 45 sukarelawan muda dan sehat. Mereka akan disuntikkan dosis vaksin virus corona berbeda.

[Gambas:Video CNN]

Nantinya, peserta akan berbicara mengenai proses yang dilalui secara anonim karena langkah tersebut belum diumumkan secara publik.

Mengutip Associated Press, pejabat kesehatan AS mengatakan butuh waktu sekitar satu tahun hingga 18 bulan untuk memvalidasi potensi uji coba vaksin corona.

Rekor Kematian Corona Italia hingga Malaysia Lockdown 14 HariFoto: CNN Indonesia/Fajrian

Cekal Corona, PM Malaysia Tetapkan Lockdown 18-31 Maret 2020

Perdana Menteri Malaysia, Muhyiddin Yassin menetapkan untuk membatasi wilayah (lockdown) hingga akhir Maret 2020 untuk menanggulangi penyebaran virus corona (Covid-19).

"Pemerintah telah memutuskan untuk mengimplementasikan lockdown, mulai 18 Maret 2020, yakni, pada satu hari setelah besok sampai 31 Maret 2020, di seluruh negeri ini," ujar Muhyiddin yang disiarkan langsung televisi nasional negara itu.

"Saya harap anda semua akan bersabar menghadapi tantangan ini. Jangan panik, jangan cemas, dan tetap tenang. Saya yakin dengan langkah pemerintah ini, kita akan mampu memerangi penyebaran wabah ini segera," imbuhnya mengutip dari The Strait Times, Senin (16/3).

Imbas dari lockdown itu segala hal tentang kegiatan massal seperti terkait keagamaan, olahraga, sosial, dan seni-budaya pun dilarang. Selain itu Salat Jumat bagi muslim pun sementara ditunda, segaris dengan dekrit dari Raja Malaysia sehari sebelumnya

Semua dunia usaha diwajibkan tutup, kecuali supermarket, pasar, minimarket, dan toko sembako. (evn)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER