Tekan Penyebaran Virus Corona, Italia Diisolasi Total

CNN Indonesia | Selasa, 10/03/2020 04:58 WIB
Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengumumkan seluruh Italia akan diisolasi karena virus corona. Warga tidak boleh keluar dari rumah. Ilustrasi. (ANDREAS SOLARO / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengumumkan seluruh Italia akan 'terkunci' untuk menghindari penyebaran virus corona. Conte mengungkap hal tersebut pada konferensi pers, Senin (10/3).

Dikutip dari AFP, Conte mengatakan langkah itu diambil untuk melindungi warga, terutama yang 'rapuh'. Dia pun melarang orang untuk keluar dan dianjurkan untuk tinggal di rumah.

Conte melarang pertemuan publik hingga membatalkan pertandingan sepak bola Serie A. Langkah 'ekstrem' tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya. Conte mengambil keputusan ini setelah warga Italy yang terinfeksi virus corona mencapai 9 ribu orang dengan korban meninggal mencapai 463 orang.


"Saya akan menandatangani dekrit yang dapat diringkas sebagai berikut: Saya tinggal di rumah," Conte mengumumkan dalam pidato televisi.

"Seluruh Italia akan menjadi zona yang dilindungi," katanya.

Langkah-langkah memperluas zona karantina yang telah diberlakukan Italia untuk jantung utara industri di sekitar kota Milan dan Venesia. Pembatasan nasional akan berlangsung hingga 3 April.

Sekolah dan universitas akan segera ditutup. Perjalanan masuk dan keluar negara serta pergerakan antar kota akan dibatasi. Namun, Conte belum menjelaskan bagaimana semua pembatasan tersebut akan diberlakukan.

Kereta dan banyak penerbangan terus beroperasi masuk dan keluar dari Milan, meskipun sebelumnya ada pembatasan untuk wilayah Lombardy.

[Gambas:Video CNN]

(afp/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK