KILAS INTERNASIONAL

Singapura Larang WNA sampai Kasus Corona Pertama Myanmar

CNN Indonesia | Selasa, 24/03/2020 06:38 WIB
Singapura Larang WNA sampai Kasus Corona Pertama Myanmar Singapura larang kunjungan WNA untuk cegah penularan virus corona sampai kasus Covid-19 pertama di Myanmar. (AP Photo/Vincent Thian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Senin (23/3) kemarin. Mulai dari Singapura larang kunjungan WNA untuk cegah penularan virus corona sampai kasus Covid-19 pertama di Myanmar. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.


1. Singapura Larang Kedatangan WNA untuk Tekan Penularan Corona

Pemerintah Singapura memutuskan untuk melarang sementara kedatangan turis atau warga asing yang hendak berkunjung atau sekedar singgah serta memperketat perbatasan mulai Senin (23/3) kemarin, sebagai langkah menekan penyebaran virus corona (Covid-19).


Seperti dilansir AsiaOne, Singapura menyatakan akan memperketat pengawasan di jalur perbatasan dengan Malaysia dan terminal kedatangan luar negeri di bandara. Keputusan itu mulai diberlakukan pada pukul 11.59 waktu setempat.

Pemerintah Singapura hanya mengizinkan sebagian pekerja asing yang memegang izin bekerja di sektor transportasi dan kesehatan untuk berkegiatan.

[Gambas:Video CNN]


2. Myanmar Konfirmasi Kasus Corona Pertama

Myanmar mengumumkan kasus infeksi virus corona pertama pada Senin (23/3), setelah sejumlah pihak sempat meragukan negara itu seolah kebal Covid-19.

Dalam keterangan perdananya, Kementerian Kesehatan Myanmar langsung mengonfirmasi dua kasus, yaitu seorang pria baru kembali dari Amerika Serikat dan satu laki-laki yang pulang dari Inggris.

"Kami akan menginvestigasi semua orang yang berhubungan dekat dengan kedua pria ini," demikian pernyataan Kemenkes Myanmar seperti dikutip AFP.

Sejak wabah ini merebak, sejumlah pihak meragukan klaim Myanmar yang sama sekali tak melaporkan kasus corona di negaranya.

Mereka curiga karena Myanmar berbatasan langsung dengan China dan sanitasi di negara itu juga belum berkembang pesat.


3. Malaysia Tangkap dan Karantina 12 Jamaah Ijtima Dunia di Gowa

Aparat keamanan Malaysia dilaporkan menangkap 12 warganya yang merupakan jemaah Ijtima Dunia Zona Asia di Gowa, Sulawesi Selatan, setibanya di Negeri Jiran. Usai diamankan, puluhan warga Malaysia ini kemudian akan dikarantina untuk menekan penyebaran virus corona.

Kepala Kepolisian wilayah Tawau, Peter Ambuas menuturkan 12 warga Malaysia merupakan peserta itima dunia Zona Asia yang batal digelar.

Peter menuturkan 12 jemaah tersebut berupaya pulang dan memasuki perairan Sabah dengan menggunakan sebuah perahu.

[Gambas:Video CNN]

Namun, upaya tersebut gagal setelah dicegat oleh tim patroli laut gabungan Badan Penegakan Hukum Maritim dan angkatan bersenjata Malaysia sekitar pukul 15.20 waktu setempat.

Usai ditangkap tim patroli laut, belasan peserta ijtima itu digiring menuju Pusat Karantina dan Bea Cukai Imigrasi sebelum diserahkan kepada aparat keamanan. Kabarnya para peserta ijtima ini akan dikarantina di gedung institut Perguruan Tawau. (ayp/ayp)