Malaysia Ungkap Dua Klaster Baru Penyebaran Virus Corona

AFP, CNN Indonesia | Selasa, 07/04/2020 08:40 WIB
Malaysia mengungkap dua klaster baru penyebaran virus corona yakni dari jemaat gereja di Sarawak dan pesta pernikahan di Selangor. Malaysia mengungkap dua kluster baru penyebaran virus corona. (Foto: AP Photo/Vincent Thian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Malaysia telah mengidentifikasi dua klaster baru penyebaran virus corona yakni dari kelompok jemaat gereja di Kuching, Sarawak dan pesta pernikahan di Bandar Baru Bangi, Selangor.

Menteri Kesehatan Malaysia Noor Hisham Abdullah dalam konferensi pers, Senin (6/4) mengatakan 83 orang jemaat gereja dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Sekitar dua diantaranya meninggal dan lima orang dalam kondisi kritis.

Sementara itu ada 88 orang dinyatakan positif Covid-19 dengan satu diantaranya dalam kondisi kritis dari klaster di pesta pernikahan Bandar Baru Bangi.


Kedua klaster tersebut telah dikonfirmasi sebagai sumber baru dengan penyebaran virus corona terbesar di Malaysia.

Mengutip Channel News Asia, Noor mengatakan klaster baru itu merupakan klaster terbesar kedua dan ketiga setelah klaster masjid Sri Petaling yang sejauh ini memiliki 1.624 kasus positif virus corona.

Malaysia Ungkap Dua Kluster Baru Penyebaran Virus CoronaFoto: CNN Indonesia/Fajrian

Sejauh ini, semua jemaat gereja dan orang-orang yang menghadiri pesta pernikahan telah melalui tahap tes virus corona.

"Kedua klaster tersebut telah terkonfirmasi. Kami berharap tidak ada kasus baru untuk klaster ini," ujar Noor.

Malaysia menjadi negara di Asia Tenggara dengan kasus penyebaran Covid-19 tertinggi. Hingga Selasa (7/4) Malaysia mencatat 3.793 kasus infeksi virus corona dengan 62 kematian dan 1.241 pasien dinyatakan sembuh.

Pada Senin (6/4) Noor mengungkapkan penambahan 236 orang sembuh, menjadikannya jumlah pasien sembuh tertinggi sejak kasus virus corona dikonfirmasi di Malaysia.

Pemerintah Negeri Jiran secara resmi menutup wilayah atau lockdown mulai 18 Maret 2020. Perdana Menteri Muhyiddin Yassin semula lockdown akan berakhir pada 31 Maret kemudian diperpanjang hingga 14 April mendatang. (evn)

[Gambas:Video CNN]