Kilas Internasional

Filipina Nyerah dengan China hingga Jet Rusia Usir Pesawat AS

CNN Indonesia | Rabu, 29/07/2020 06:33 WIB
Filipina tak sanggup jika harus perang dengan China hingga jet tempur Su-27 Rusia usir pesawat mata-mata AS, ramaikan berita internasional, Selasa (28/7). Presiden Filipina Rodrigo Duterte. (AFP PHOTO / NOEL CELIS)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Selasa (28/7). Mulai dari Filipina tak sanggup jika harus perang dengan China hingga jet tempur Su-27 Rusia usir pesawat mata-mata Amerika Serikat

1. Sengketa LCS, Filipina Tak Sanggup Perang dengan China

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, mengatakan negaranya tak sanggup jika harus berperang dengan China dalam sengketa wilayah di Laut China Selatan.


Dalam pidato tahunan negara, Duterte mengatakan ia tak punya pilihan selain menganggap sengketa di Laut China Selatan sebagai isu diplomatik karena di luar itu negaranya harus berperang dengan China.

Duterte membela keputusan pemerintahannya untuk tidak meneken keputusan pengadilan arbitrase 2016 yang mendukung tuntutan FIlipina terhadap China.

Putusan arbitrase itu mementahkan seluruh klaim historis China di Laut China Selatan, termasuk wilayah yang diperebutkan Beijing dan Manila.

2. Mantan PM Najib Razak Dinyatakan Bersalah Korupsi 1MDB

Mantan Perdana Menteri Malaysia Najib Razak dinyatakan bersalah atas semua dakwaan dalam skandal korupsi 1MDB (1Malaysia Development Berhad).
Najib dinyatakan bersalah atas tujuh dakwaan sehingga dia terancam penjara hingga puluhan tahun.

"Sebagai kesimpulan, setelah mempertimbangkan semua bukti dalam persidangan ini, saya menyatakan bahwa jaksa berhasil membuktikan kasus ini," kata hakim Mohamad Nazlan Mohamad Ghazali, Selasa (28/7) seperti dikutip dari AFP.

3. Sukhoi Su-27 Rusia Usir Pesawat Mata-mata AS

Jet tempur Rusia mengusir pesawat pengintai Amerika Serikat yang terbang di atas Laut Hitam. Insiden itu memicu kekhawatiran konflik antara dua negara adidaya.

Dilansir dari kantor berita Rusia, TASS, Kementerian Pertahanan mengatakan jet tempur Sukhoi Su-27 telah melakukan intersepsi pesawat AS yang diidentifikasi sebagai P-8 Poseidon ketika terbang di dekat perbatasan, Senin (27/7).

Seperti dikutip dari Express, Su-27, jet tempur bermesin ganda itu dapat melesat dua kali lipat kecepatan suara dan mencapai hingga 1.553 mph.

(dea)

[Gambas:Video CNN]