KILAS INTERNASIONAL

RI soal Embargo Senjata Iran hingga Israel Setop Aneksasi

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 06:32 WIB
Sejumlah peristiwa terjadi pada Kamis (14/8) mulai dari Indonesia akan bahas usul perpanjang embargo senjata Iran di DK PBB hingga Israel hentikan aneksasi. Indonesia berencana membahas perpanjang embargo senjata Iran dalam DK PBB. (Foto: Spencer Platt/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa terjadi pada Kamis (14/8) dirangkum dalam kilas internasional. Mulai dari Indonesia mempertimbangkan usul AS untuk memperpanjang embargo senjata Iran hingga Israel dipastikan setop aneksasi di wilayah Palestina.

Indonesia Bakal Bahas Usul AS Perpanjang Embargo Senjata Iran

Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Presiden Dewan Keamanan perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) menyatakan akan memfasilitasi pembahasan resolusi usulan Amerika Serikat untuk memperpanjang embargo senjata terhadap Iran.


Hal itu disampaikan oleh Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata, Grata Endah Werdaningtyas, dalam jumpa pers Kementerian Luar Negeri, Kamis (13/8).

Indonesia akan memfasilitasi pembahasan semua rancangan resolusi yang diajukan oleh negara anggota DK PBB. Termasuk dalam hal ini rancangan resolusi usulan AS bagi perpanjangan embargo senjata terhadap Iran," ujar Grata.

"Sebagai diketahui bersama, rancangan resolusi AS difokuskan pada perpanjangan limitasi transfer senjata dan travel banned terhadap Iran yang rencananya memang akan berakhir pada 18 Oktober 2020. Diusulkannya perpanjangan ini tanpa batasan waktu dan hanya dapat diakhiri oleh keputusan DK PBB," tambahnya.

Israel Disebut Pasti Hentikan Aneksasi di Tanah Palestina

Israel dikabarkan setuju untuk menghentikan lebih jauh upaya aneksasi wilayah Palestina. Komitmen tersebut tertuang di bawah perjanjian perdamaian antara Israel, Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab.

"Selama pertemuan dengan Presiden Trump dan Perdana Menteri Netanyahu, kesepakatan dicapai untuk menghentikan aneksasi Israel lebih lanjut atas wilayah Palestina," tulis Putra Mahkota UEA, Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nayhan dalam pertemuan tersebut, dicuitkan melalui akun Twitter, Kamis (13/4).

Dilansir AFP, Presiden AS Donald Trump mengatakan perjanjian damai antara tiga negara menandai "hari bersejarah" tentang upaya perdamaian di Timur Tengah. Hal tersebut juga diakui PM Israel, Benjamin Netanyatahu.

Presiden AS Donald Trump, dalam pengumumannya mengatakan pada Kamis Israel dan Uni Emirat Arab telah mencapai kesepakatan damai.

"Normalisasi hubungan antara UEA dan Israel adalah "terobosan besar"," cuit Trump.

Prancis Catat Rekor Harian Infeksi Corona, 2.524 Kasus

Prancis mencatat rekor tertinggi infeksi virus corona sebanyak 2.524 kasus baru dalam waktu 24 jam terakhir pada Rabu (12/8). Jumlah ini merupakan penambahan tertinggi kasus harian sejak 6 Mei lalu.

Angka kasus harian Covid-19 kali ini merupakan lonjakan tertinggi sejak Prancis melonggarkan kebijakan penguncian wilayah (lockdown).

Penambahan kasus baru kali ini menjadikan Prancis hingga kini memiliki 206.696 orang terinfeksi virus corona dengan 83.472 diantaranya dinyatakan sembuh. Angka kematian akibat Covid-19 menjadi 30.371 jiwa, bertambah 17 orang.

Kasus Covid-19 aktif di Prancis saat ini sebanyak 92.853, sekitar 379 diantaranya dalam kondisi kritis.

(evn)

[Gambas:Video CNN]