AS Desak Azerbaijan-Armenia Gencatan Senjata Jelang Diplomasi

CNN Indonesia | Rabu, 28/10/2020 03:22 WIB
Menlu AS Mike Pompeo sudah menghubungi pimpinan negara masing-masing secara terpisah. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo meminta Azerbaijan dan Armenia lekas melakukan gencatan senjata agar diplomasi damai bisa lekas terjalin (AP Photo/Andrew Harnik)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mendesak Azerbaijan dan Armenia agar segera melakukan gencatan senjata. Pompeo sudah menghubungi kedua pimpinan negara tersebut secara terpisah.

Mengutip AFP, Pompeo meminta gencatan senjata segera dilakukan agar penyelesaian konflik yang ditengahi AS bisa berjalan selekas mungkin.

"Pompeo mendesak para pemimpin negara untuk mematuhi komitmen masing-masing untuk menghentikan permusuhan dan menempuh solusi diplomatik," tutur Departemen Luar Negeri AS mengutip AFP, Selasa (27/10).


Konflik lama antara Azerbaijan dan Armenia meletup kembali pada 27 September. Ratusan tentara dan warga sipil telah menjadi korban akibat perang yang terjadi sejauh ini.

Negara tetangga seperti Rusia dan Iran menyerukan kepada kedua negara untuk lekas melakukan gencatan senjata.

Perwakilan kedua negara sudah sepakat tentang itu saat bertemu di Moskow, Rusia. Namun, kontak senjata kembali terjadi.

Perdana Menteri (PM) Armenia, Nikol Pashinian sempat merasa pesimis konflik dengan Azerbaijan bisa berakhir damai lewat jalu diplomasi.

Dia mengatakan bahwa sikap Azerbaijan yang terus menyerang dalam 25 hari memperebutkan kawasan Nagorno-Karabakh tidak menyisakan ruang untuk diplomasi.

"Tidak ada cara sekarang untuk menyelesaikan masalah Nagorno-Karabakh melalui diplomasi. Dalam situasi ini, kami dapat mempertimbangkan semua harapan, proposal, dan gagasan tentang perlunya menemukan penyelesaian diplomatik secara efektif dihentikan," ucapnya dilansir dari Associated Press, Kamis (22/10).

Amerika Serikat juga ikut turun tangan untuk menengahi permusuhan kedua negara. Pimpinan Azerbaijan dan Armenia diagendakan bertemu dengan Menteru Luar Negeri AS Mike Pompeo dalam waktu dekat.

(AFP/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK