Trump Ikuti KTT APEC untuk Pertama Kali Sejak 2017

CNN Indonesia | Jumat, 20/11/2020 10:10 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan berpartisipasi dalam forum Asia-Pasific Economic Cooperation (APEC) pada Jumat (20/11). Presiden AS Donald Trump. (AFP/JIM WATSON)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan berpartisipasi dalam forum Asia-Pasific Economic Cooperation (APEC) pada Jumat (20/11), yang digelar secara virtual. Hal tersebut dikonfirmasi pejabat senior AS.

Malaysia yang menjadi tuan rumah APEC kali ini harus menggelar forum tersebut secara virtual di tengah pandemi virus corona. APEC akan mempertemukan 21 negara Lingkar Pasifik yang menyumbang sekitar 60 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) global.


"Presiden Trump akan berpartisipasi dalam KTT APEC virtual besok," kata pejabat itu kepada AFP.


Partisipasi Trump dalam forum ini akan menjadi yang pertama sejak 2017 di mana Vietnam menjadi tuan rumah. Trump mendapat kecaman dari sekutu Asia-Pasifik karena mengabaikan pertemuan-pertemuan penting di kawasan itu.

Sebelumnya pada Kamis, Presiden China Xi Jinping telah berpidato di Konferensi Tingkat Tinggi APEC. Dia memuji negaranya sebagai titik poros perdagangan bebas global dan berjanji untuk menjaga ekonomi "berukuran super" terbuka untuk bisnis saat dunia memerangi pandemi.

Merujuk penandatanganan pakta perdagangan terbesar di dunia selama akhir pekan,Xi mengatakan Asia-Pasifik adalah "cikal bakal pendorong pertumbuhan global" di dunia yang dilanda "berbagai tantangan".


Dia pun menolak segala kemungkinan "pemisahan" ekonomi dengan China yang telah menghantam Tiongkok dengan tarif dan pembatasan teknologi.

Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP), yang mengecualikan AS, dipandang sebagai kudeta besar bagi China dan bukti lebih lanjut bahwa Beijing menetapkan agenda perdagangan global saat Washington mundur.

(ans/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK