Negara-negara yang Membuka Sekolah Tatap Muka saat Pandemi

CNN Indonesia | Sabtu, 21/11/2020 12:54 WIB
Sejumlah negara telah lebih dulu membuka sekolah tatap muka di tengah pandemi virus corona yang masih melanda. Ilustrasi. Sejumlah negara telah lebih dulu membuka sekolah tatap muka di tengah pandemi virus corona. (AFP/STR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Indonesia berencana untuk kembali membuka sekolah tatap muka pada Januari 2021 mendatang. Sebelumnya, beberapa negara juga telah melakukan hal yang sama di tengah pandemi virus corona yang masih melanda dunia.

Ada banyak variabel yang dipertimbangkan sebelum memutuskan hal tersebut, termasuk keselamatan siswa dan guru, pendidikan dan kebutuhan sosial siswa, kebebasan dan kewarasan para orangtua, serta masih banyak lagi.

Mengutip Firstpost, laporan UNICEF pada Agustus lalu menyebut, lebih dari satu miliar siswa harus putus sekolah akibat penutupan kegiatan belajar mengajar tatap muka sebagai efek dari pandemi.


Berikut beberapa negara yang kembali membuka sekolah seiring keberhasilan mereka menekan laju infeksi Covid-19.

1. Korea Selatan

Korea Selatan kembali membuka sekolah secara bertahap. Dimulai dengan siswa SMA pada 20 Mei, kemudian siswa SMP dan SD menyusul pada 3 Juni. Tapi hanya beberapa hari setelah dibuka, kasus Covid-19 merambah di antara siswa di Seoul dan mendorong ratusan sekolah kembali ditutup atau menunda pembukaan sekolah.

Sementara di sekolah yang masih dibuka, pihak sekolah mengharuskan pemeriksaan suhu tubuh di pintu masuk dan siswa juga diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan.

Beberapa sekolah juga menginstruksikan siswanya untuk masuk pada hari yang berbeda secara bergantian, sementara sisanya masih mengandalkan pembelajaran daring.

Tapi baru-baru ini, Korsel melaporkan lonjakan kasus Covid-19 di atas 300 selama tiga hari berturut-turut. Pada Rabu (25/11), Korsel mencatat 313 kasus, 343 kasus pada Kamis, dan 320 kasus baru pada Jumat.

2. Taiwan

Taiwan merupakan salah satu negara di dunia yang masih membuka sekolah setelah wabah Covid-19 melanda pertama kali pada akhir 2019.

Dikutip dari Taiwan News, sebuah survei yang diunggah oleh wanita Inggris pada 30 Maret di Facebook menemukan bahwa Taiwan adalah satu dari hanya enam negara di dunia yang masih membuka sekolah.

Meski tetap membuka sekolah, Taiwan telah menerapkan beberapa tindakan pencegahan seperti pemeriksaan suhu rutin dan aturan menggunakan masker.

Negara-negara yang Membuka Sekolah Tatap Muka saat Pandemi

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK