KILAS INTERNASIONAL

Erdogan Tokoh Muslim Berpengaruh hingga Cerita Selandia Baru

AFP, CNN Indonesia | Rabu, 16/12/2020 06:22 WIB
Sejumlah peristiwa dirangkum dalam kilas internasional. Mulai dari Erdogan tokoh Muslim paling berpengaruh hingga kehidupan bebas Covid di Selandia Baru. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dinobatkan menjadi tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia. (Foto: AFP/ADEM ALTAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah peristiwa terjadi pada Selasa (15/12) yang dirangkum dalam kilas internasional. Mulai dari Erdogan menjadi tokoh muslim paling berpengaruh di dunia hingga dubes Tantowi Yahya menceritakan kehidupan di Selandia Baru yang kini bebas Covid-19.

Erdogan Jadi Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dinobatkan menjadi tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia versi pusat penelitian independen The Royal Islamic Strategic Studies Centre yang berbasis di Yordania, Selasa (15/12).

Dalam daftarThe Muslim 500: The World's Most Influential Muslims 2021,Erdogan dianggap sebagai tokoh Muslim paling berpengaruh dari pada Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saud yang berada di posisi kedua.


Sementara itu, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei dan Raja Yordania masing-masing menjadi tokoh Muslim paling berpengaruh ketiga dan keempat di dunia.

Di tahun sebelumnya, Erdogan menduduki peringkat enam sebagai tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia.

Menurut The Royal Islamic Strategic Studies Centre, Erdogan merupakan pemimpin yang berhasil membawa Turki menjadi salah satu negara kekuatan global utama (major global power).

Singapura Akan Terima Vaksin Pfizer, PM Lee Disuntik Pertama

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengumumkan bahwa dia beserta tim pemerintahan akan menerima vaksin Covid-19buatan Pfizer-BioNTech gelombang pertama.

Dia mengatakan, hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa vaksin aman digunakan.

"(Kami akan menjadi yang pertama menerima vaksin) untuk menunjukkan kepada Anda, terutama manula seperti saya, bahwa kami yakin vaksin itu aman," kata Lee, Senin (14/12).

Vaksin akan tersedia gratis untuk semua warga Singapura dan residen jangka panjang. Pemberian vaksin juga akan diprioritaskan kepada orang-orang yang berisiko besar tertular virus termasuk petugas kesehatan, orang tua, kaum rentan lainnya.

Lebih lanjut, Lee mengatakan Singapura akan menerima gelombang pertama vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech pada akhir Desember dan berencana memberikan secara gratis sekaligus sukarela kepada seluruh penduduknya sebelum paruh kedua 2021.

Dubes Tantowi Cerita Kehidupan Selandia Baru Bebas Covid

Duta besar Indonesia untuk Selandia Baru, Samoa, dan Kerajaan Tonga, Tantowi Yahya, membagikan cerita mengenai kondisi terkini di Selandia Baru lewat wawancara eksklusif dengan tim CNNIndonesia.com.

Dia menyebut Selandia Baru telah beraktivitas normal seperti biasa dan warga tak lagi mengenakan masker.

"Bisa kita bilang bahwa negara ini sedang terbebas dari Covid-19. Memang ada beberapa kasus antara 1 hingga 4 kasus dalam beberapa hari, itu adalah kasus yang terjadi di tempat isolasi," ujarnya.

"Tapi penularan atau infeksi sudah tidak ada. Kami di sini sudah bisa disebut hidup normal, tidak perlu memakai masker, tidak perlu menjaga jarak, kemudian tidak ada pembatasan untuk berkumpul."

(evn/evn)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK