Trump dan Deretan Presiden AS yang Hanya Jabat 1 Periode

CNN Indonesia | Kamis, 21/01/2021 14:12 WIB
Donald Trump resmi lengser dari kursi presiden Amerika Serikat. Dia menjadi satu dari lima presiden AS yang menjabat hanya satu periode. Mantan presiden AS Donald Trump. (AP/Manuel Balce Ceneta)
Jakarta, CNN Indonesia --

Donald Trump resmi lengser dari kursi presiden Amerika Serikat seiring dengan dilantiknya Joe Biden menjadi orang nomor satu di Negeri Paman Sam, Rabu (20/1).

Jode Biden dan Kamala Harris resmi dilantik setelah berhasil mengalahkan petahana Donald Trump-Mike Pence di Pilpres AS 2020 pada November lalu.

Meski Trump kerap vokal menolak kemenangan pesaingnya itu, namun pelantikan Biden-Harris menandai berakhirnya periode jabatan Trump-Pence selama empat tahun di Gedung Putih. Trump menjadi satu dari lima presiden AS yang menjabat hanya satu periode.

Trump merupakan Presiden AS ke-45 yang menjabat pada 2017 hingga 2020. Dia terpilih dengan perolehan 304 suara elektoral mengalahkan Hillary Clinton pada 2016.


Trump dikenal sebagai presiden AS yang kontroversial. Dia kerap meremehkan pandemi virus corona yang telah menewaskan lebih dari 389 ribu warga AS.

Dia juga kerap melontarkan retorika rasis saat ketegangan rasial meningkat di AS, termasuk pada saat insiden Charlottesville dan serangkaian kematian warga kulit hitam di tangan polisi pada 2020.

Sisi kontroversial Trump bahkan tak luntur di penghujung masa jabatannya. Hampir dua pekan sebelum lengser, AS dihebohkan dengan serangan pendukung Trump di Gedung Kongres Capitol Hill di Washington DC pada Rabu (6/1).

Massa pendukung Trump yang marah merangsek masuk Gedung Capitol untuk menggagalkan pengesahan kemenangan Presiden Joe Biden dan wakilnya Kamala Harris.

Insiden itu lantas menuai kecaman keras baik di dalam maupun luar AS, bahkan beberapa pihak menyerukan agar Trump dicopot dari jabatanya sebelum masa kepemimpinannya berakhir.

Imbasnya, Twitter pun menangguhkan secara permanen akun pribadi Trump pada Jumat (8/1) karena dinilai menghasut kekerasan di Capitol. Cuitan terakhir Trump menyatakan bahwa ia tidak akan menghadiri inaugurasi pelantikan Biden.

Berikut empat presiden AS yang juga menjabat satu periode.

William Taft

Presiden William Taft menjabat sebagai Presiden ke-27 AS antara 1909-1913. Dia berjuang untuk mengisi posisi Theodore Roosevelt, salah satu presiden AS paling populer di abad ke-20.

Persahabatan dan dukungan Roosevelt-lah yang membantu Taft memenangkan pilpres pada 1908. Namun, hubungannya dengan Roosevelt memburuk saat Taft menjabat.

Kemudian Roosevelt mencalonkan diri sebagai kandidat dari pihak ketiga pada pilpres 1912 dan berhasil menarik suara dari Taft. Pada akhirnya, Taft pun dikalahkan oleh Presiden Woodrow Wilson.

Herbert Hoover

Presiden Herbert Hoover adalah Presiden ke-31 yang menjabat antara 1929-1933. Kejatuhan pasar saham pada 1929 terjadi setelah Hoover menempati kantor kepresidenan. Kejatuhan itu menyebabkan depresi hebat.

Hoover pun disalahkan atas dampak dari peristiwa tersebut. Kegagalannya untuk membendung kerugian ekonomi dan keuangan membuatnya kalah dalam pilpres 1932 dan dimenangkan oleh Franklin Roosevelt.



Roosevelt sendiri adalah satu-satunya presiden AS yang terpilih lebih dari dua masa jabatan.

Gerald Ford

Presiden Gerald Ford menjabat sebagai presiden AS ke-38. Dia adalah satu-satunya orang yang tidak pernah terpilih secara resmi sebagai presiden atau wakil presiden.

Ford menjabat wapres di bawah Amandemen ke-25 ketika Wakil Presiden Richard Nixon, Spiro Agnew mengundurkan diri karena skandal korupsi. Ford diangkat sebagai wapres oleh Nixon dan dikonfirmasi oleh Kongres.


Ketika skandal Watergate meningkat dan Nixon mengundurkan diri, Ford menjabat sebagai Presiden.

Saat menjabat itulah, Ford mengampuni Nixon dari semua tuduhan kejahatan, menjadikannya sebagai keputusan yang sangat tidak populer.

Peluangnya untuk terpilih kembali semakin dirusak oleh kombinasi pertumbuhan ekonomi dan inflasi yang rendah, yang dikenal sebagai stagflasi.
Pada 1976, dia dikalahkan oleh Jimmy Carter.

Jimmy Carter

Jimmy Carter adalah presiden AS ke-39 yang terpilih pada 1976. Dia menjabat dari 1977-1981.

Selama masa kepresidenannya, AS terus menderita stagflasi. Ini diperparah dengan gagalnya penyelamatan sandera AS di Iran menjelang akhir masa jabatannya.

Faktor-faktor inilah yang menyebabkan kekalahannya dari Ronald Reagan pada pilpres 1980.

Pasca-kepresidenannya, karier Carter luar biasa aktif. Dia mempromosikan upaya perdamaian dan diplomasi di seluruh dunia, dia pun dianugerahi Penghargaan Nobel Perdamaian pada 2002.

(ans/dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK