Putin Peringatkan Barat Tidak Lewati Garis Merah Rusia

CNN Indonesia | Kamis, 22/04/2021 08:41 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan negara Barat untuk tidak Presiden Rusia Vladimir Putin. (AFP Photo/Pavel Golovkin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan negara Barat untuk tidak "melewati garis merah" negaranya.

Peringatan tersebut dilontarkan Putin ketika hubungan Rusia dengan negara Barat terus memanas akibat ketegangan dengan Ukraina dan perlakuan Moskow terhadap pemimpin oposisi Alexei Navalny.

"Saya berharap tidak ada yang akan berpikir untuk melewati garis merah dalam hubungannya dengan Rusia, dan kami bisa menentukan sendiri di mana garis itu," kata Putin.


Dia mengatakan Rusia akan menanggapi dengan cepat dan mematikan setiap tindakan yang mengganggu kepentingannya.

"Provokator yang mengancam kepentingan mendasar keamanan kami akan menyesal," ucap Putin, Rabu (21/4) seperti dikutip dari AFP.

Barat telah mendukung seruan agar Navalny dibebaskan dan diberikan perawatan medis.

Rusia beberapa hari lalu akhirnya memindahkan Alexei Navalny ke rumah sakit penjara setelah didesak Uni Eropa mengingat kondisi sang pengkritik itu memburuk.

Rusia menuai kecaman negara-negara Eropa karena dianggap tak mengacuhkan peringatan dokter Navalny pada akhir pekan lalu.

Saat itu, sang dokter menyatakan bahwa kondisi kesehatan aktivis yang sedang mogok makan itu kian memprihatinkan, bahkan "dapat meninggal kapan pun."

Navalny sendiri dijebloskan ke penjara setelah ia kembali dari perawatan di Jerman, akibat diduga diracun oleh agen intelijen Rusia. Kala itu, Navalny dituduh melanggar aturan pembebasan bersyarat dari kasus pidana sebelumnya.

Mereka juga berselisih mengenai peningkatan pasukan Rusia di perbatasan Ukraina dan serangkaian skandal spionase yang mengakibatkan pengusiran para diplomat.

Putin mengatakan Moskow telah menjadi "semacam olahraga baru" di mana mereka selalu disalahkan atas apa pun.

Dia mengatakan Rusia menginginkan hubungan baik dengan semua pihak. Tetapi Putin memperingatkan mereka untuk tidak mengartikan niat baik itu sebagai kelemahan.

(dea)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK