Latar Belakang dan Sejarah Berdirinya ASEAN

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 14:42 WIB
ASEAN dibentuk sebagai wadah kerja sama bagi para 10 negara di Asia Tenggara. Berikut latar belakang sejarah berdirinya ASEAN beserta daftar negaranya. ASEAN dibentuk sebagai wadah kerja sama bagi para 10 negara di Asia Tenggara. Berikut latar belakang sejarah berdirinya ASEAN beserta daftar negaranya. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)
Jakarta, CNN Indonesia --

Association of South East Asian Nation (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara merupakan wadah kerja sama bagi para 10 negara di Asia Tenggara.

Kesepuluh negara bekerja sama dengan tujuan dan harapan dapat meningkatkan situasi geopolitik dan kondisi ekonomi seperti sosial, kebudayaan, perdamaian, keamanan, dan stabilitas. Berikut latar belakang dan sejarah berdirinya ASEAN.

ASEAN lahir atau dibentuk pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Awalnya, ASEAN beranggotakan lima negara yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.


Pertemuan kelima negara menghasilkan kesepakatan yang disebut dengan Deklarasi Bangkok. Saat itu kehadiran lima negara diwakilkan oleh:

  • Adam Malik (Indonesia)
  • Tun Abdul Razak (Malaysia)
  • Narciso Ramos (Filipina)
  • S. Rajaratman (Singapura)
  • Thanat Khoman (Thailand)

Pertemuan dan kesepakatan tersebut secara perlahan menarik negara ASEAN lainnya. Empat negara ASEAN lainnya menyusul bergabung yakni:

  • Brunei Darussalam (7 Januari 1984)
  • Vietnam (28 Juli 1995)
  • Laos dan Myanmar (23 Juli 1997)
  • Kamboja (30 April 1999)

Sejak melepaskan diri dari Indonesia, Timor Leste yang masuk wilayah Asia Tenggara tengah mengajukan diri masuk sebagai anggota ASEAN pada 2011.

Namun bergabungnya Timor Leste menjadi anggota ASEAN masih dalam pengkajian kelayakan kesepuluh negara ASEAN lainnya.

Melansir laman resmi Kementerian Luar Negeri, data pada 2006 menujukkan kawasan ASEAN memiliki populasi sekitar 560 juta, dengan luas mencapai 4,5 juta kilometer, dan PDB hampir mencapai US$ 1.100 miliar dan total perdagangan mencapai US$ 1.400 miliar.


Awal Mula Terbentuknya ASEAN

Linimasa tentang sejarah singkat perjalanan ASEAN sebagai organisasi antar negara-negara Asia Tenggara.Sejarah berdirinya ASEAN sebagai organisasi antarnegara Asia Tenggara. (Foto: Fajrian)

Sejarah terbentuknya ASEAN dimulai dari situasi perang dingin antara Amerika Serikat dengan Rusia yang membawa dampak stabilitas keamanan pada negara-negara di Asia Tenggara.

Karena dampak stabilitas keamanan yang besar kepada negara-negara di Asia Tenggara, diperlukan sebuah wadah atau organisasi yang bisa melindungi negara-negara di Asia Tenggara.

Namun membuat wadah atau lembaga yang menaungi negara-negara Asia Tenggara ternyata tidaklah mudah. Perbedaan ideologi, budaya, ekonomi, dan politik menjadi hambatan terbesar.

Benang merah yang menyatukan negara-negara tersebut karena kesamaan aspek, antara lain:

  1. Kesamaan letak geografis
  2. Pernah dijajah oleh bangsa lain (kecuali Thailand)
  3. Memiliki persamaan akar budaya yakni rumpun Melayu.

Maka berkumpulah lima negara di Bangkok pada 8 Agustus 1967 membahas berbagai persoalan dan solusi untuk masalah yang timbul di kawasan Asia Tenggara.


Isi Deklarasi ASEAN

Dalam pertemuan lima negara, terangkum hal yang menjadi dasar terbentuknya ASEAN. Isi dari pertemuan ini disebut dengan Deklarasi ASEAN atau Deklarasi Bangkok karena diadakan di Bangkok, Thailand.

  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
  2. Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional.
  3. Meningkatkan kerja sama dan saling bantu antar negara dalam bidang ekonomi, sosial, teknik, dan ilmu pengetahuan, dan administrasi.
  4. Memelihara kerja sama yang erat di tengah organisasi regional dan internasional yang ada.
  5. Meningkatkan kerja sama untuk memajukan pendidikan, latihan, dan penelitian di kawasan Asia Tenggara.

Perkembangan setelah deklarasi ini terwujudnya agenda ZOPFAN (Zone of Peace, Freedom, and Neutrality Declaration) dengan tujuan agar negara-negara di Asia Tenggara dapat hidup damai berdampingan.

ZOPFAN ditandatangani pada 1971, sedangkan Traktat Persahabatan dan Kerja Sama ditandatangani pada 1976.

Setahun kemudian pada 24 Februari 1977 di Manila terjadi kesepakatan Preferential Trading Arrangements (PTA).

Kesepakatan tersebut menjadi landasan perdagangan antarnegara Asia Tenggara dan mendorong negara-negara lain di Asia Tenggara untuk bergabung.


Daftar Negara ASEAN Saat Ini

Bocah penjual koran melintas di dekat bendera negara-negara ASEAN di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (1/9). Makassar akan menjadi tuan rumah pertemuan ASEAN Mayor Forum (AFM) atau Wali Kota se-Asia Tenggara yang berlangsung 8-10 September 2015. ANTARA FOTO/Yusran Uccang/foc/15.Daftar 10 negara ASEAN saat ini (Ilustrasi bendera negara ASEAN, Foto: ANTARA FOTO/Yusran Uccang)

Anggota ASEAN pada awal terbentuk tahun 1967 hanya beranggotakan lima negara. Terjalinnya hubungan yang baik setelah Deklarasi ASEAN muncul dinilai positif negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Selain itu beberapa negara juga sudah lebih kondusif situasi politik dalam negerinya. Berikut 10 negara ASEAN, diurutkan berdasarkan tanggal resminya menjadi anggota.

  1. Indonesia (8 Agustus 1967)
  2. Malaysia (8 Agustus 1967)
  3. Singapura (8 Agustus 1967)
  4. Thailand (8 Agustus 1967)
  5. Filipina (8 Agustus 1967)
  6. Brunei Darussalam (8 Januari 1984)
  7. Vietnam (28 Juli 1995)
  8. Laos (23 Juli 1997)
  9. Myanmar (23 Juli 1997)
  10. Kamboja (30 April 1999)


Itulah latar belakang serta sejarah berdirinya ASEAN, semoga dapat menambah wawasan mengenai maksud dan tujuan dibentuknya perhimpunan bangsa di Asia Tenggara.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK