KILAS INTERNASIONAL

Negara-negara Kritik RI hingga Israel Sengit soal Nuklir Iran

CNN Indonesia | Selasa, 28/09/2021 06:39 WIB
Negara-negara di Pasifik yang kerap mengkritik RI terkait masalah HAM di Papua hingga Israel sengit soal program nuklir Iran. Bendera Vanuatu. (Istockphoto/ DancingMan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah kabar dunia masih menjadi berita-berita hangat dalam 24 jam terakhir.

Salah satunya profil tentang negara-negara di Pasifik yang kerap mengkritik Indonesia terkait masalah Hak Asasi Manusia (HAM) di Papua.

Begitu pula berita pagi ini tentang Perdana Menteri Israel Naftali Bennett yang menganggap program nuklir Iran melanggar semua batasan.


Berikut kilas internasional dalam 24 jam terakhir di CNNIndonesia.com:

1. Negara-negara Pasifik yang Getol Singgung Isu HAM Papua di PBB

Pemerintah Indonesia kembali dihadapkan dengan tuduhan terkait dugaan pelanggaran hak asasi manusia yang terjadi di Papua.

Dalam Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ke-76, Perdana Menteri Vanuatu, Bob Loughman, mengatakan masyarakat lokal dan adat Papua terus menderita akibat pelanggaran HAM di bawah pemerintah Indonesia.

Selain Vanuatu, beberapa negara di Pasifik khususnya juga kerap menyuarakan dukungannya terhadap kemerdekaan Papua. Lima negara lagi yaitu Palau, Tuvalu, Marshal Island, Kepulauan Solomon, dan Nauru.

2. Kapal Perang Inggris Lewat Selat Taiwan, China Berang

Kapal perang Inggris berlayar melewati Selat Taiwan pada Senin (27/9) di tengah ketegangan antara Taipei dan Beijing yang terus memanas.

Kapal perang jenis frigate HMS Richmond melewati Selat Taiwan yang bergolak menuju Vietnam.

HMS Richmond telah dikerahkan London ke Laut China Timur untuk ikut serta dalam operasi penegakkan sanksi PBB terhadap Korea Utara.

3. PM Israel Sebut Program Nuklir Iran Langgar Semua Batasan

Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett, menyebut program nuklir Iran telah melanggar semua batasan yang bertujuan untuk mencegah pembuatan senjata.

"Program senjata nuklir Iran sudah di titik kritis. Semua batasan sudah diterobos," ujar Bennett dalam pidatonya di sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Senin (27/9).

Bennett pun menyatakan bahwa Israel akan melakukan segala upaya untuk mencegah Iran mengembangkan senjata nuklir.



(bac)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK