Media Asing Soroti Warga Jakarta Takut Keluhkan Suara Azan

CNN Indonesia | Kamis, 14/10/2021 15:35 WIB
Media asing menyoroti warga Jakarta yang ketakutan untuk mengajukan komplain suara azan yang terlalu bising. Foto ilustrasi, masjid Al-Ridwan di Jati Padang. (CNN Indonesia/Thohirin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah media asing turut menyoroti warga Jakarta yang takut menyampaikan komplain akan suara azan yang dianggap terlalu bising dan mengganggu kenyamanan.

AFP melaporkan salah satu warga Jakarta, Rina (bukan nama sebenarnya), bangun tiap pukul 03.00 pagi karena pengeras suara yang begitu keras dari masjid di pinggiran Jakarta saat azan berkumandang.

Dia mengalami gangguan kecemasan. Rina sering tak bisa tidur, mual saat makan, tetapi takut saat akan menyampaikan keluhannya. Sebab, ia menilai jika mengatakannya akan dipenjara atau diserang.


Keluhan terkait azan di Indonesia dinilai sensitif dan dapat berujung pada tuduhan penistaan agama, kejahatan dengan ancaman hukuman lima tahun penjara.

"Tidak ada yang berani mengeluh mengenai hal itu, di sini," kata Rina.

Rina lalu melanjutkan, "Pengeras suara tidak hanya digunakan untuk azan tetapi juga digunakan untuk membangunkan orang 30-40 menit sebelum waktu salat subuh."

Ia merasa tak bisa lagi menahan suara bising itu setelah menahan kebisingan selama enam bulan.

Bagi Rina, gangguan malam hari memengaruhi kesehatannya.

"Saya mulai mengalami insomnia, dan saya didiagnosa mengalami gangguan kecemasan setelah selalu terbangun. Sekarang saya berusaha membuat diri saya selelah mungkin, sehingga saya bisa tidur di tengah kebisingan," jelasnya.

Media lokal Prancis, RFI, juga turut melaporkan hal serupa. Menurut laporannya, keluhan soal pengeras suara yang bising semakin meningkat di media sosial.

Namun, adanya anonimitas dan ketakutan akan serangan balasan menjadikan tak terhitung secara resmi jumlah orang yang mengeluh karena hal tersebut.

Indonesia pernah dipuji karena toleransi beragama lantaran berbagai pemeluk agama bisa hidup berdampingan. Namun, belakangan muncul kekhawatiran Islam moderat akan terancam oleh kelompok garis keras.

Lanjut baca di halaman berikutnya...



Perempuan Buddha Dipenjara karena Komplain Suara Azan

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK