3 Pejabat China Tersandung Skandal seperti Eks Wakil PM Zhang Gaoli

CNN Indonesia
Jumat, 05 Nov 2021 09:16 WIB
Selain mantan wakil PM China Zhang Gaoli, ada 3 pejabat China yang juga terkait skandal serupa. Selain mantan wakil PM China Zhang Gaoli, ada 3 pejabat China yang juga terkait skandal serupa. (Foto: WANG ZHAO/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Skandal seks antara mantan atlet tenis dunia asal China, Peng Shuai, dengan eks wakil perdana menteri, Zhang Gaoli, menjadi sorotan publik internasional.

Shuai secara mengejutkan membeberkan pengakuannya pernah dipaksa berhubungan badan dengan Zhang dalam unggahan di akun media sosial Weibo miliknya yang terverifikasi.

Peng tak lama menghapus unggahan itu namun terlanjur beredar dan menjadi trending topic perbincangan netizen Negeri Tirai Bambu. China pun segera menyensor semua unggahan terkait klaim Peng tersebut.


Zhang Gaoli merupakan wakil PM China antara 2013-2019. Pria 75 tahun itu juga sempat bertugas di Komite Tetap Politbiro antara 2012-2017.

Di China posisi setinggi Zhang sulit didekati dan tertutup sehingga sulit dimintai komentar dalam kasus ini.

Namun, Zhang bukan satu-satunya pejabat China pernah terciduk skandal seks. Berikut beberapa pejabat China yang tersandung skandal serupa:

1. Petinggi Partai Komunis, Lei Zhengfu

Mantan Sekretaris Komite Partai Komunis China di Chingqing, Lei Zhengfu, termasuk dalam daftar pejabat China yang terseret skandal seks. Skandal itu bermula ketika Lei kopi darat dengan teman perempuannya untuk berkencan secara diam-diam pada 2008 lalu.

Mengutip New York Times, perempuan itu ternyata hendak menjebak Lei dengan memasang kamera video tersembunyi di dompetnya.

Perempuan itu pun merekam video mereka bercinta tanpa sepengetahuan Lei di sebuah kamar hotel pada 2008 lalu.

Sekitar akhir November 2012, video Lei itu bocor di internet hingga memicu skandal besar. Video itu bocor setelah sekelompok pria sebelumnya mengancam akan menyebarkan video itu kepada pejabat di Chingqing jika pemerintah setempat tak memenuhi tuntutan mereka terkait proyek properti yang berada di daerah pimpinan Lei.

Tak hanya Lei, akibat skandal itu, pemerintah pusat China memecat 10 pejabat lainnya. Lima di antaranya merupakan petinggi perusahaan pelat merah Negeri Tirai Bambu.

Mantan menteri sampai penasihat pemerintah terjerat skandal serupa dapat dibaca di halaman selanjutnya >>>

Dari Menteri sampai Penasihat Pemerintah China

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER