3 Negara Paru-paru Dunia, Brasil hingga RI

CNN Indonesia
Minggu, 07 Nov 2021 09:20 WIB
Berikut deret negara yang memiliki hutan hujan terluas dan berfungsi sebagai paru-paru dunia. Hutan lLndung dan Taman Nasional Tanjung Puting. (Safir Makki)

2. Kongo

Mengutip National Geographic, Kongo menjadi negara kedua dengan hutan hujan terbesar di dunia. Sebanyak 60 persen wilayah Kongo merupakan hutan hujan. Hutan hujan yang ada di negara Kongo sendiri merupakan dua pertiga dari luasan Cekungan Basin.

Hutan hujan memainkan peran sentral dalam keseimbangan ekologi Bumi. Hutan hujan menyimpan stok air untuk seluruh benua Afrika. Tak hanya itu, sebuah studi mengatakan bahwa pohon yang ada di Cekungan Kongo dapat menyimpan karbon tiga kali lebih banyak dibandingkan pohon di Amazon.

3. Indonesia

Mengutip World Resources Institute (WRI), sebagian dari hutan tropis terbesar di dunia terdapat di Indonesia. Dalam hal luasnya, hutan tropis Indonesia menempati urutan ketiga setelah Brasil dan Republik Demokrasi Kongo.


Indonesia juga memiliki hutan mangrove yang terluas di dunia. Luasnya diperkirakan mencapai 4,25 juta hektare pada awal 1990-an.

Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia (KLHK), luas hutan Indonesia mencapai 94,1 juta hektare atau 50,1 persen dari total daratan pada 2019.

Hutan Indonesia, seperti hutan di berbagai negara, juga mengalami ancaman deforestasi yang terus membayangi keberlangsungannya.

Walaupun demikian, Presiden RI Joko Widodo dalam COP26 mengklaim Indonesia berhasil menghentikan laju deforestasi hingga kebakaran hutan. Ia juga mengatakan Indonesia telah merehabilitasi 3 juta lahan kritis selama 2010-2019.

"Laju deforestasi turun signifikan, terendah dalam 20 tahun terakhir. Kebakaran hutan juga turun 82 persen di tahun 2020. Indonesia juga telah memulai rehabilitasi hutan mangrove seluas 600 ribu hektare sampai 2024, terluas di dunia," ucap Jokowi.



(pwn/bac)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER