KILAS INTERNASIONAL

Saudi Cabut Larangan Masuk RI sampai Rumor Paus Fransiskus Mundur

tim | CNN Indonesia
Rabu, 08 Jun 2022 06:20 WIB
Saudi cabut larangan masuk RI, rumor Paus Fransiskus mundur, hingga larangan bendera Palestina di Israel jadi sorotan berita internasional. Kemunculan Paus Fransiskus di atas kursi roda untuk kali pertama, setelah menjalani operasi lutut, menjadi awal mula rumor berkembang. (Foto: AFP/ANDREAS SOLARO)
Jakarta, CNN Indonesia --

Keputusan Arab Saudi mencabut larangan bagi warganya pergi ke Indonesia hingga rumor Paus Fransiskus ingin mundur menjadi sorotan berita internasional pada Selasa (7/6).

Perkembangan konflik Rusia vs Ukraina, larangan bendera Palestina di Israel, sampai isu Korea Utara juga tak luput dari perhatian dalam kilas berita internasional.

Berikut kilas berita internasional kemarin.


Saudi Cabut Larangan Warga Pergi ke RI, Kemlu Buka Suara

Arab Saudi mencabut larangan bepergian atau travel ban warganya ke Indonesia pada hari ini, Selasa (7/6).

Menanggapi kebijakan baru tersebut, Kementerian Luar Negeri Indonesia buka suara.

"Indonesia menyambut baik keputusan otoritas Saudi untuk mencabut kebijakan larangan bepergian (travel ban) warganya ke Indonesia," tulis Kemlu di Twitter, Selasa (7/6).

Thailand Bersiap Bagi-bagi Seribu Tanaman Ganja di Buriram

Thailand bersiap membagikan seribu tanaman ganja ke masyarakat di Buriram. Ganja tersebut bakal dibagikan pada Jumat (10/6), sehari setelah Thailand melegalkan penggunaan ganja.

Menteri Kesehatan Thailand Anutin Charnvirakul mengatakan pemberian ganja gratis itu bakal dilakukan di Sirkuit Internasional Chang sampai pada Minggu (12/6).

Charnvirakul juga mengatakan pemberian seribu ganja ini dilakukan untuk mengawali kampanye pembagian satu juta bibit ganja kepada masyarakat.

Israel Larang Bendera Palestina, Dianggap Ancaman Baru

Israel melarang bendera Palestina berkibar di negaranya karena dianggap sebagai ancaman baru. Mereka sampai mendesak rancangan undang-undang (RUU) yang melarang bendera Palestina di lembaga penerima dana negara segera disahkan.

Lembaga negara yang dimaksud mencakup rumah sakit dan universitas.

"Di negara Israel ada ruang untuk satu bendera: bendera Israel, bendera ini. Ini satu-satunya bendera yang ada di sini," ujar anggota parlemen Israel yang mengusulkan RUU itu, Eli Cohen dikutip Associated Press pada Selasa (7/6).

Kronologi Timbul Rumor Rencana Paus Fransiskus Mundur

Rumor rencana Paus Fransiskus mundur sudah berhembus sejak Mei dan kian menjadi lantaran sederet peristiwa.

Kemunculan Paus Fransiskus di atas kursi roda untuk kali pertama, setelah menjalani operasi lutut, menjadi awal mula rumor berkembang.

Hal lain yang menghangatkan rumor adalah keputusan tak biasa dengan menjadi tuan rumah sebuah konsistori atau permusyawarahan kardinal di Roma pada 27 Agustus untuk mengangkat kardinal baru.

(tim/rds)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER