5 Fakta Jenazah Eril Ditemukan di Bendungan Engehalde Swiss

rds | CNN Indonesia
Jumat, 10 Jun 2022 07:19 WIB
Rangkuman fakta penemuan jasad Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril usai dua pekan hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss Penampakan pintu air Bendungan Engehalde, Swiss, lokasi jasad Eril ditemukan. (Foto: Sandstein via Wikimedia Commons (CC-BY-3.0)

3. Kondisi Jasad saat Ditemukan

Pada Rabu, 8 Juni 2022, sesaat sebelum pukul 06.50 waktu Swiss, polisi wilayah Bern melaporkan ada seorang pria tergeletak di airpada bendungan Engehalde. Spesialis polisi maritim dari kepolisian Cantonal Bern menemukan sesosok tubuh di cekungan wilayah sungai dan kemudian mengevakuasinya.

Tak lama, jasad itu dikonfirmasi merupakan jenazah Eril yang telah hilang usai tenggelam saat berenang di Sungai Aare.

4. Jasad Teridentifikasi usai Tes DNA

Kedutaan Besar RI di Swiss mengonfirmasi jenazah pria yang ditemukan di Pintu Air Engehalde, Bern, merupakan Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, putra sulung Ridwan Kamil setelah melalui tes DNA.

"Tim forensik kepolisian melakukan identifikasi dan penelusuran DNA untuk memastikan jasad tersebut adalah ananda Eril," kata Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D Hadad, dalam konferensi pers, Kamis (9/6).

Hadad menambahkan, jenazah Eril ditemukan pada Rabu (8/6) sekitar pukul 11.50 waktu setempat.

"Kamis 9 Juni siang waktu Swiss, kepolisian mengonfirmasi bahwa jasad yang ditemukan kemarin adalah ananda Eril," katanya.

5. Jasad Ditangani secara Islam

Dubes RI untuk Swiss, Muliaman Hadad, memastikan jenazah anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, yang ditemukan pada Rabu (8/6) akan diperlakukan sesuai syariat Islam.

"KBRI memastikan bahwa penghormatan kepada Eril terpenuhi dalam syariat Islam," ujar Muliaman dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6).

Muliaman mengatakan bahwa pihaknya juga akan terus mendampingi seluruh keluarga Ridwan Kamil selama berada di Swiss untuk mengurus pemulangan jenazah Eril.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamilmenyebut jenazah putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadzatau Eril akan tiba di Indonesia pada Minggu (12/6) dan akan dimakamkan keesokan harinya atau Senin.

"Jenazah Eril Insya Allah akan kembali ke tanah air di hari Minggu dan dimakamkan di Hari Senin," ujarnya melalui akun instagram pribadinya, Kamis (9/6).

RidwanKamil dalam kesempatan itu juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak KBRI Swiss dan Kepolisian/PemerintahanKota Bern atas kerja kerasnya menemukan jasad sang anak.

(rds/rds)

[Gambas:Video CNN]
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER