Israel-Saudi Cs Diam-diam Bertemu Bahas Aliansi Lawan Iran

rds | CNN Indonesia
Selasa, 28 Jun 2022 20:31 WIB
Petinggi militer Israel dan negara Arab seperti Arab Saudi dilaporkan bertemu secara rahasia guna membahas aliansi melawan Iran. Perjanjian normalisasi antara Israel-UEA-Bahrain berkat dorongan AS pada 2020. (Foto: AFP/ALEX WONG)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pejabat tinggi militer Israel dan sejumlah negara Arab seperti Arab Saudi dilaporkan bertemu diam-diam untuk mendiskusikan potensi kerja sama pertahanan untuk melawan Iran.

Menurut laporan Wall Street Journal dengan mengutip pejabat Amerika Serikat pada akhir pekan lalu, delegasi Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Bahrain, Yordania, dan Mesir bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Bersenjata Israel (IDF) di Sharm el-Sheikh, Mesir, pada Maret lalu.

Pertemuan itu digagas dengan bekingan Amerika. Dalam pertemuan itu, delegasi AS diwakilkan oleh Jenderal Frank McKenzie, eks komandan US Central Command.

Seluruh delegasi yang hadir dilaporkan sepakat secara prinsip untuk mengkoordinasikan sistem notifikasi ketika ada ancaman udara terdeteksi.

Di pertemuan Sharm el-Sheikh, delegasi Arab dan Israel juga dikabarkan sepakat membahas proses pengambilan keputusan di mana pasukan negara anggota bisa mencegat serangan drone, balistik, atau rudal jelajah.

Saat ini, peringatan ancaman seperti itu akan dikirim melalui telepon dan komputer, bukan sistem berbagi data militer gaya AS.

[Gambas:Video CNN]

Menurut The Wall Street Journal, kesepakatan aliansi ini tidak mengikat sehingga dukungan dari para pemimpin politik diperlukan untuk menyusun pengaturan notifikasi yang dibahas dan kerja sama militer yang lebih luas.

Pertemuan tinggi ini menjadi yang pertama di antara Israel dan dunia Arab. Sebab, selama ini hubungan Israel dan negara Arab terjegal konflik Israel-Palestina.

Sebagai bentuk solidaritas terhadap Palestina, negara Arab banyak yang memutus hubungan dengan Israel. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah negara seperti Bahrain, Maroko, dan Uni Emirat Arab menetapkan normalisasi hubungan dengan Israel.

Meski begitu, sampai saat ini, Israel tak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Qatar dan Arab Saudi.

Sejak kapan Israel-Arab berunding soal aliansi? Berlanjut ke halaman berikutnya >>>

 



Sejak kapan Israel-Arab Berunding Bentuk Aliansi?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER