KILAS INTERNASIONAL

5 Menteri Mundur hingga Kemungkinan Pengganti PM Inggris

CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 07:05 WIB
Sebanyak lima menteri Inggris kabinet Perdana Menteri Boris Johnson memilih mundur dari jabatannya dalam sehari, berikut kilas internasional pagi ini. PM Inggris Boris Johnson terancam lengser setelah lima menterinya mundur. (Ben STANSALL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sebanyak lima menteri Inggris kabinet Perdana Menteri Boris Johnson memilih mundur dari jabatannya dalam sehari.

Ada pula berita tentang bursa pengganti Boris Johnson terkait kemungkinannya lengser karena desakan dari parlemen.

Berikut berita 24 jam terakhir yang terangkum dalam Kilas Internasional pagi ini:

5 Menteri Mundur, PM Inggris Boris Johnson Tetap Ogah Mundur

Boris Johnson menolak lengser dari jabatannya sebagai perdana menteri Inggris meski 5 menterinya mengundurkan diri karena sudah gerah dengan serentetan skandal pemerintahan.

"Tugas perdana menteri dalam situasi sulit saat Anda sudah diberikan mandat adalah terus bekerja, dan itu yang akan saya lakukan," kata Johnson di hadapan parlemen pada Rabu (6/7), dikutip AFP.

Johnson menyatakan keteguhan pendiriannya ini setelah satu lagi pejabat di kabinetnya, yaitu Menteri Sekolah, Robin Walker, mengundurkan diri.

[Gambas:Video CNN]

Terseret Skandal, Mungkinkah PM Inggris Boris Johnson Dipecat?

Desakan agar Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dipecat kian santer terdengar setelah empat menterinya kompak memutuskan mundur dari jabatan mereka dalam sehari.

Keempat menteri Inggris itu memutuskan mundur setelah menganggap Johnson sudah tak pantas memimpin Inggris lagi lantaran berbagai skandal yang menyeret dia dan pemerintahannya.

Menteri Keuangan, Rishi Sunak, dan Menteri Kesehatan, Sajid Javid, mengundurkan diri pada Selasa (5/7) malam. Sunak dan Javid memutuskan mundur sebagai menteri di kabinet Johnson karena mereka merasa tak lagi bisa menoleransi rentetan skandal yang terus terjadi di pemerintahan.

9 Pejabat Berpotensi Gantikan PM Inggris Boris Johnson, Siapa Saja?

Di tengah gonjang-ganjing politik di Inggris, sembilan nama pejabat muncul ke permukaan. Mereka dijagokan untuk menggantikan Boris Johnson jika ia dilengserkan dari kursi perdana menteri.

Johnson terancam dilengserkan setelah pergolakan di dalam kabinet pemerintahannya yang menyebabkan total empat menteri mengundurkan diri pada pekan ini.

Jika Johnson benar-benar dilengserkan, sejumlah pejabat dari partainya digadang-gadang dapat mengisi posisi perdana menteri Inggris.

(tim/bac)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER