9 Pejabat Berpotensi Gantikan PM Inggris Boris Johnson, Siapa Saja?

has | CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 06:28 WIB
Di tengah gonjang-ganjing Inggris, sembilan nama pejabat muncul ke permukaan. Mereka dijagokan menggantikan Boris Johnson jika ia dilengserkan dari kursi PM. PM Inggris Boris Johnson terancam lengser. (AFP/STEFAN ROUSSEAU)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di tengah gonjang-ganjing politik di Inggris, sembilan nama pejabat muncul ke permukaan. Mereka dijagokan untuk menggantikan Boris Johnson jika ia dilengserkan dari kursi perdana menteri.

Johnson terancam dilengserkan setelah pergolakan di dalam kabinet pemerintahannya yang menyebabkan total empat menteri mengundurkan diri pada pekan ini.

Jika Johnson benar-benar dilengserkan, sejumlah pejabat dari partainya digadang-gadang dapat mengisi posisi perdana menteri Inggris. Berikut daftarnya, sebagaimana disusun AFP.

1. Rishi Sunak

Ketika bicara soal sosok mumpuni sebagai PM, banyak pihak langsung menyebut nama Rishi Sunak, salah satu menteri yang mengundurkan diri pada Selasa (5/7).

Sunak sangat tenar di jagat maya. Popularitasnya juga meroket karena dianggap dapat melambungkan kembali perekonomian di tengah pandemi Covid-19.

Namun, popularitas Sunak sedikit merosot karena ia tak mau mengalirkan bantuan lebih banyak ketika krisis biaya hidup kian mencekik warga.

Selain itu, citranya juga sempat tercoreng karena sejumlah pertanyaan terkait kekayaan pribadi dan masalah pajak keluarganya.

2. Sajid Javid

Tak hanya Sunak, Sajid Javid juga merupakan salah satu menteri yang mengundurkan diri pada Selasa. Sebelum menjadi menteri kesehatan, Javid juga pernah mundur dari jabatan menteri keuangan pada 2020 lalu.

Pria berusia 52 tahun ini merupakan putra dari seorang imigran Pakistan yang bekerja sebagai sopir bus. Beranjak dewasa, ia menjadi bankir sukses.

Layaknya Sunak, kekayaan pribadi dan urusan pajak Javid juga dipertanyakan.

[Gambas:Video CNN]

3. Ben Wallace

Nama Wallace saat ini berada di posisi puncak sejumlah jajak pendapat Partai Konservatif sebagai sosok yang dianggap layak menjadi pemimpin.

Ia meraup banyak dukungan karena perannya sebagai menteri pertahanan di tengah perang antara Rusia dan Ukraina.

Sekutu dekat Johnson ini sebenarnya tak berhasrat menjadi PM, tapi ia dianggap kompeten dan sangat lugas dalam bertutur.

4. Liz Truss

Menteri Luar Negeri Inggris, Liz Truss, juga digadang-gadang bisa menjadi pengganti Johnson berkat popularitasnya di antara anggota Partai Konservatif.

Ia sangat dikagumi karena ceplas-ceplos dan tak ragu melontarkan kata-kata bernada menyerang pihak lain.

Bak pedang bermata dua, ketajaman lidah Truss juga membuat kemampuan penilaiannya terhadap situasi dipertanyakan.

Ambil contoh pada Februari lalu, Truss menyerukan agar warga Inggris ikut bertempur mendukung Ukraina melawan Rusia.

Berlanjut ke halaman berikutnya >>>

9 Pejabat Berpotensi Gantikan PM Inggris Boris Johnson, Siapa Saja?

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER