4 Skandal Merongrong PM Boris Johnson Sampai 5 Menteri Inggris Mundur

CNN Indonesia
Kamis, 07 Jul 2022 07:45 WIB
Nama Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menjadi sorotan usai lima menteri kabinetnya mengundurkan diri dalam waktu yang berdekatan. Foto: AP/Frank Augstein
Jakarta, CNN Indonesia --

Nama Perdana Menteri Inggris Boris Johnson menjadi sorotan usai lima menteri kabinetnya mengundurkan diri dalam waktu yang berdekatan.

Menteri Keuangan, Rishi Sunak, dan Menteri Kesehatan, Sajid Javid, mengundurkan diri pada Selasa (5/7) malam. Keduanya memutuskan mundur karena merasa tak lagi bisa menoleransi rentetan skandal yang terus terjadi di pemerintah.

Sementara itu, Menteri Urusan Anak dan Keluarga, Will Quince, dan Menteri Muda Transportasi, Laura Trott, mengumumkan berhenti dari jabatan mereka pada Rabu (6/7) pagi. Pengumuman ini disampaikan beberapa jam setelah Sunak dan Javid mengumumkan mundur dari kabinet.

Quince mengaku ia tak memiliki pilihan selain mundur dari pemerintahan, sementara Trott mengatakan ia kehilangan kepercayaan kepada pemerintah.

Johnson bersikeras ogah lengser setelah satu lagi pejabat di kabinetnya, yaitu Menteri Sekolah, Robin Walker, mengundurkan diri.

[Gambas:Video CNN]

Walker menyusul empat menteri lainnya yang sudah lebih dulu menyerahkan surat pengunduran diri sejak Selasa (5/7).

Selain berita pengunduran lima menteri, berikut beberapa masalah yang menimpa Johnson kala menjabat di pemerintahan:

1. Langgar Aturan Lockdown, Johnson Hadiri Pesta di Downing Street.

Johnson, istrinya, Carrie Johnson, dan Menteri Keuangan Rishi Sunak harus membayar denda karena melanggar lockdown kala pandemi Covid-19.

Sebagaimana diberitakan France24, Johnson diketahui menghadiri beberapa pesta minum-minum yang diadakan di Downing Street kala pemerintah menerapkan lockdown.

"Saya ingin mengatakan saya telah membayar denda dan saya kembali lagi meminta maaf," kata Johnson merespons masalah ini.

Baca tiga skandal lainnya di halaman 2...

Skandal yang Merongrong PM Boris Johnson

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER