Kebakaran Tewaskan 15 Orang, Pemilik Kelab di Thailand Ditahan Polisi

CNN Indonesia
Minggu, 07 Agu 2022 15:15 WIB
Polisi menahan pemilik kelab malam di Thailand terkait insiden kebakaran yang menewaskan 15 orang. Ilustrasi kebakaran. Polisi menahan pemilik kelab malam di Thailand terkait insiden kebakaran yang menewaskan 15 orang. Foto: iStock/Kesu01
Jakarta, CNN Indonesia --

Polisi Thailand telah menahan pemilik kelab malam terkait insiden kebakaran yang menewaskan 15 orang. Polisi mengonfirmasi hal itu dengan mengatakan pemilik kelab menyerahkan diri langsung ke polisi.

Seorang perwira polisi senior di provinsi Chonburi mengatakan pemilik kelab Pongsiri Panprasng menyerahkan diri setelah surat perintah penangkapan dikeluarkan.

"Dia dalam sel dan polisi akan meminta izin resmi penahanan kepada pengadilan pada Senin (8/8) saat kami melakukan penyelidikan," katanya kepada AFP.

Pria berusia 27 tahun disebut akan menghadapi beberapa dakwaan, termasuk menyebabkan kematian karena kecerobohan dan mengoperasikan pub tanpa izin.

Tuduhan menyebabkan kematian karena kecerobohan di Thailand berisiko hukuman maksimum 10 tahun penjara dan denda hingga 200 ribu baht atau sekitar Rp83,6 juta (1 baht=Rp418.05).

Kebakaran itu terjadi setelah api berkobar sekitar pukul 01:00 waktu setempat di tempat hiburan malam Gunung B, distrik Sattahip provinsi Chonburi atau sekitar 150 kilometer tenggara Bangkok.

Layanan penyelamatan sebelumnya mengungkapkan busa akustik yang mudah terbakar di dinding kelab sehingga mempercepat kobaran api dan petugas pemadam kebakaran membutuhkan lebih dari tiga jam untuk mengendalikannya.

[Gambas:Video CNN]



Dalam temuan awal, Yayasan Penyelamatan Sawan Rojanathammasathan mengatakan insiden itu menyebabkan 14 orang meninggal dan 40 luka-luka.

Pada Sabtu (6/8), jumlah korban tewas naik menjadi 15 dengan rincian empat perempuan dan 11 laki-laki. Sebagian besar korban ditemukan berdesakan di dekat pintu masuk dan di kamar mandi.

Para korban disebut berusia sekitar 17-49 tahun dan berkewarganegaraan Thailand. Layanan tersebut, seperti diberitakan AFP, mengungkapkan kondisi tubuh para korban terbakar parah.

Beberapa kerabat korban telah melakukan perjalanan ke Bangkok untuk mengambil mayat orang yang mereka cintai setelah diperiksa oleh ahli forensik.

Polisi juga mengatakan mereka sedang menyelidiki laporan bahwa beberapa pintu di kelab malam terkunci pada saat kebakaran.

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-o-cha memerintahkan aparat untuk menyelidiki secara jelas tragedi tersebut.

(AFP/chri)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER