7 Pasukan Legendaris di Dunia Selain Gurkha

pwn | CNN Indonesia
Jumat, 23 Sep 2022 18:17 WIB
Selain pasukan Gurkha, berikut tujuh pasukan elite legendaris lain di dunia. Pasukan Gurkha asal Nepal jadi jagal yang diciptakan Inggris. (AP Photo)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pasukan Gurkha merupakan salah satu pasukan elite dunia yang bekerja untuk militer Inggris. Mereka dikenal dengan keberaniannya di medan tempur.

Secara tradisional, pasukan Gurkha direkrut dari wilayah Gurkha, Nepal. Mereka kemudian ditempatkan di militer Inggris sejak 200 tahun yang lalu, dikutip dari situs resmi The Gurkha Welfare Trust.

Selain pasukan Gurkha, berikut beberapa pasukan elite legendaris lain di dunia:

1. The Ten Thousand

The Ten Thousand merupakan pasukan tentara Yunani yang dikontrak Jenderal Cyrus Muda untuk menggulingkan saudaranya, Raja Artaxerxes II dari takhta Persia.

Sebagaimana diberitakan History, pada 401 SM, tentara Hellenic berjuang bersama Cyrus dan pasukan pemberontakannya dalam bentrok bersama pasukan Raja di Baghdad.

Kala The Ten Thousand bertarung, Cyrus terbunuh dalam peperangan. Tak hanya itu, jenderal pendukung Cyrus dikhianati dan dibunuh saat mencoba bernegosiasi.

The Ten Thousand kemudian dikejar oleh tentara Artaxerxes II, membuat mereka harus kabur dari wilayah musuh.

Pasukan tersebut lalu menunjuk Xenophon sebagai salah satu pemimpin baru mereka. Xenophon membawa mereka mengembara selama sembilan bulan dari Babylonia ke Pelabuhan Laut Hitam Yunani di Trapezus.

Meski berkali-kali disergap, berkelana di cuaca yang tak mendukung, dan kelaparan, mereka berhasil mengungsi. Tiga perempat dari regu mereka selamat.

2. The White Company

The White Company merupakan perusahaan bebas yang mengambil peran besar dalam peperangan di Italia pada abad ke-14.

Unit pertama pasukan ini muncul pada 1360-an dan dipimpin oleh Sir John Hawkwood. Hawkwood adalah seorang pria Inggris yang diberikan penghargaan atas pelayanannya di Perang Seratus Tahun.

Di bawah kepemimpinan Hawkwood, The White Company dikenal sebagai salah satu tentara elite di Italia.

Pasukan The White Company direkrut dari Inggris, Jerman, Breton, dan Hungaria. Mereka terkenal mahir menggunakan busur dan tombak.

Selain itu, pasukan ini dikenal mampu menakut-nakuti musuhnya dalam serangan tak terduga yang cepat. Mereka juga bersedia berperang dalam situasi sulit, bahkan di malam hari.

3. Swiss Guard

Swiss Guard merupakan pasukan pelindung Paus di Vatikan. Pasukan ini telah ada sejak zaman Renaisans.

Pasukan ini merupakan salah satu pasukan pertama Eropa yang menguasai penggunaan tombak dan tombak lapis baja.

Pada 1400-an, taktis revolusioner dan kekejaman mereka membuat mereka dikenal sebagai tentara kontrak terbaik yang dapat dibeli.

Lanjut baca di halaman berikutnya...

7 Pasukan Legendaris di Dunia Selain Gurkha

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER