Korut Tembak Dua Rudal Balistik Jelang Kunjungan Wapres AS ke Korsel

CNN Indonesia
Rabu, 28 Sep 2022 17:39 WIB
Korea Utara dilaporkan menembakkan dua rudal balistik pada hari ini, Rabu (28/9), sehari menjelang kunjungan Wakil Presiden AS, Kamala Harris, ke Korea Selatan. Korea Utara dilaporkan menembakkan dua rudal balistik pada hari ini, Rabu (28/9), sehari menjelang kunjungan Wakil Presiden AS, Kamala Harris, ke Korea Selatan. (Korean Central News Agency/Korea News Service via AP)
Jakarta, CNN Indonesia --

Korea Utara dilaporkan menembakkan dua rudal balistik pada hari ini, Rabu (28/9), sehari menjelang kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris, ke Korea Selatan.

"Korea Utara menembakkan rudal balistik ke Laut Timur [Perairan Jepang]," ujar kepala Staf Gabungan Korea Selatan dalam pernyataan resmi yang dikutip AFP.

Coast guard Jepang juga mengonfirmasi peluncuran proyektil yang diduga rudal balistik itu. Mereka kemudian memperingatkan kapal-kapal agar berhati-hati.

Peluncuran rudal ini muncul usai intelijen Korsel menyatakan bahwa Korut akan melakukan uji coba nuklir dalam waktu dekat.

Tembakan rudal itu juga terjadi menjelang kunjungan Harris ke Seoul. Ia dijadwalkan tiba pada Kamis.

Selain itu, tembakan rudal juga terjadi saat Korsel dan AS menggelar latihan militer bersama di perairan lepas Semenanjung Korea.

Latihan itu disebut untuk menghindari ancaman Korut. Sekitar 28.500 personel terlibat dalam proyek latihan ini.

[Gambas:Video CNN]

Korut selalu menganggap latihan militer gabungan Korsel dan AS sebagai salah satu persiapan untuk menginvasi wilayah mereka.

Isu Korut bakal menguji nuklir sebenarnya sudah berkembang sejak awal tahun ini. Korsel pun berupaya membujuk Korut.

Korsel mengaku bersedia memberi bantuan ekonomi jika Korut mengambil langkah menuju denuklirisasi. Namun, Korut menolak tawaran ini.

(isa/has)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER